Danguspurla Koarmada II Pimpin Upacara Pembukaan Latihan Peperangan Ranjau

TNI AL
PK,.Surabaya, 18 Februari 2019,.Komandan Gugus Tempur Laut (Koarmada II) Laksamana Pertama TNI Erwin S. Aldedharma, S.E., M.M., mewakili Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II, Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si., sebagai irup Upacara pembukaan Latihan Peperangan Ranjau, bertempat di Rupat Satuan Kapal Ranjau (Satran) Koarmada II. Senin (18/02/2019).
Dalam amanat tertulis Pangkoarmada II yang dibacakan Danguspurla Koarmada II menyampaikan dinamika perkembangan lingkungan strategis saat ini semakin sulit diprediksi karena ketidak teraturan dan ketidak stabilan situasi baik pada tataran global, regional maupun Nasional sebagai dampak dari globalisasi.
Komando Armada II sebagai Kotama operasional mengemban fungsi TNI AL bidang pertahanan di Laut dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang diamanatkan dalam undang-undang RI Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI.
Sebagai implementasi tugas TNI selaku penangkal dan penindak setiap bentuk ancaman militer serta ancaman bersenjata, gelar operasi militer perang (OMP) Koarmada sangat dipengaruhi oleh kondisi geografis Indonesia sebagai Negara kepulauan.
Dalam konteks ini salah satu kemampuan penting yang menjadi Core Competency Koarmada II adalah kemampuan peperangan Ranjau, untuk itu kemampuan prajurit harus terus menerus diasah baik dalam hal kemampuan alutsista maupun profesionalisme prajurit.
Berkaitan dengan hal tersebut, kegiatan latihan peperangan ranjau TNI AL  yang diselenggarakan oleh Koarmada II ini merupakan  salah satu kegiatan penting untuk meningkatkan profesionalisme dan kesiapsiagaan unsur serta meningkatkan kerjasama antar unsur pendukung dalam melaksanakan operasi peperangan ranjau.
Pangkoarmada II berharap dengan adanya latihan peperangan ranjau, para peserta dapat mampu memahami prosdur peranjauan, mampu melaksanakan perencanaan peperangan ranjau, menggunakan peralatan, serta tindakan perlawanan ranjau, sehingga apa yang disampaikan dalam latihan tersebut dapat menunjang pelaksanaan tugas dan profesionalisme prajurit, serta hasil dari latihan ini dapat di aplikasikan dalam tugas operasi sesungguhnya.
Hadir dalam acara tersebut diantaranya Asops Pangkoarmada II, Kadislambairkoarmada II, Dankolatkoarmada II, Dansatrankoarmada II, dan Dansatkopaskakoarmada II.