Dankoharmatau Cat Pesawat Tempur Taktis MK53 Sesuai Aslinya

TNI AU

PK. Bandung,.—— Berbagai upaya telah dilakukan, selain untuk memajukan TNI AU yang Profesional, Militan dan Inovatif, baik dalam tehnis dan metode perawatan pesawat serta koleksi berbagai jenis pesawat milik TNI AU , ini Komadan Komando Pemeliharaan Materiel TNI Angkatan Udara (Dankoharmatau) Marsekal Muda TNI Dento Priyono kembali melaksanakan pengecatan Pesawat Tempur Latih Hawk MK53 LL 5312 sesuai Aslinya Di Sesko TNI Bandung.

Marsda TNI Dento Priyono, telah selesai melaksanakan pengecatan
Pesawat Tempur Taktis Hawk MK53 LL 5312, Jumat, 10/05/19.
Menurutnya pesawat buatan BAE ( British Aero Space) Inggris tersebut di cat sesuai aslinya sebagaimana saat datang di Indonesia pada tahun 80-an. Agar menjadi kenangan Para Penerbang yang pernah menerbangkan pesawat Hawk MK 53, yaitu melalui Depohar 10 Bandung. Selain itu
agar mampu melestarikan sejarah Penerbangan  TNI AU yang diluar Museum Pusat TNI Dirgantara Mandala yang berada di Yogyakarta.

Pesawat Hawk MK 53 tersebut penampilannya cukup garang dan ikut memperkuat  perkembangan TNI AU dan menjaga kedaulatan RI, dimana sengaja ditampilkan oleh para pendahulu di Sesko TNI agar menjadi inspirasi untuk memiliki spirit yang tinggi bagi para pejabat TNI dan untuk menjadi kenangan sekaligus penghormatan bagi para penerbang.

Semoga dengan pengecatan pesawat sesuai aslinya ini, generasi penerus dapat mamahami sejarah perjuangan dan jejak langkah para pendahulu dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia, Papar Dankoharmatau.

Lebih lanjut Dankoharmatau mengatakan Pesawat Tempur Taktis Hawk MK53 LL 5312 tersebut dalam pengabdianya telah memperkuat Alutsista di Skadron Udara 15 Lanud Iswahjudi, Madiun dimana mengalami adanya perubahan warna cat, meskipun sebelumnya sempat menjadi kekuatan Skadron Pendidikan 103 jajaran Lanud Aisutjipto yang berada di Lanud Iswahyudi, saat pertama kali datang di Indonesia.

Baca Juga :  Yasarini Cabang Lanud Abd Saleh Bertekad Memajukan Mutu Pendidikan

Menurutnya, pesawat ini bisa diandalkan, disamping digunakan untuk pendidikan latih lanjut tempur, pesawat ini digunakan sebagai barisan tim akrobatik kebanggaan TNI AU dari masa ke masa. Juga sebagai pesawat tempur taktis (TT) dan dapat digunakan untuk kegiatan-kegiatan operasi. “Operasi yang pernah dilakukannya adalah operasi perbatasan di Kupang, operasi oscar di Manado Jayapura dan Biak, operasi pengamanan alur laut kepulauan Indonesia (ALKI) 2 dan 3,” jelas Marsda TNI Dento Priyono. (Dodik )

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of