Danlanal dan Prajurit Lanal Yogyakarta Lari Estafet Pembawa Obor Asian Games 2018.

TNI AL

PK,.Yogyakarta. Tepat hari ke 3, Kamis (19/07/18) api abadi berasal dari New Delhi India berada di kota Yogyakarta. Api abadi ini sebagai cikal bakal obor pesta olah raga bertaraf internasional Asian Games ke 18 tahun 2018. Nanti nya, api dari India tersebut disatukan dengan api abadi dari Mrapen Grobogan Jawa Tengah. Prosesi penyatuan dua api tersebut dilakukan oleh Wakil Presiden RI Yusuf Kalla di Candi Prambanan pada Rabu (18/07/18) malam.

Selanjutnya dimulainya pawai obor (Torch Riley) Asian Games 2018 keliling kota Yogyakarta sebagai kota pertama melaksanakan pawai obor Asian Games 2018. Acara pelepasan pawai obor Asian Games 2018 digelar di Pagelaran Kraton Yogyakarta oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X, selaku Gubernur DIY.

Acara dimulai tepat pukul 07.00 WIB, dibuka dengan pentas tarian tradisional Krido Jati Roso, yang dihadiri pula Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga RI Gatot Sulistyantoro, Sekjen Inasgoc Eri Herianto, unsur pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DIY antara lain Danrem 072/Pmk, Danlanud Adisucipto, Kapolda DIY, Kabinda DIY, Danlanal Yogyakarta, Kajati DIY serta dihadiri ribuan warga masyarakat Yogyakarta memadati pagelaran Kraton dan sepanjang jalan rute pawai yang dilalui.

Danlanal Yogyakarta, Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E, M.Pd dan prajurit Lanal Yogyakarta bersama unsur Forkopimda DIY lainnya secara lari estafet sebagai pembawa obor Asian Games 2018, dimana sebelumnya obor diserahkan oleh Gubernur DIY kepada Menlu RI sebagai pelari pembawa obor pertama kali, menjadi awal pawai dimulai dengan didampingi Tim Pelari Gabungan TNI Polri DIY dan para atlit berkeliling kota Yogyakarta menempuh jarak sekitar 11 km.

Baca Juga :  Satran Koarmada II Tuntaskan Latihan Pendeteksian Bawah Air

Sekitar pukul 09.20 Wib, obor sampai titik finish di pal putih Tugu Yogyakarta, diserahkan oleh Sekjen Inasgoc Eris Heryanto kepada Walikota Yogyakarta Drs Haryadi Suyuti. Api kemudian dipindahkan dalam tinder box untuk selanjutnya akan dibawa ke Solo untuk melanjutkan rangkaian pawai obor 35 kota seluruh Indonesia.

Rangkaian kegiatan pawai obor Asian Games 2018 kota Yogyakarta selesai terlaksana tertib dan lancar, Danlanal Yogyakarta turut menyampaikan doa dan harapannya, “Semoga obor api yang diawali dan dikirab di Yogyakarta ini, dapat menjadi penyemangat sportifitas atlet kita untuk siap bertanding dan siap sukses mengharumkan bangsa Indonesia selaku tuan rumah Asian Games 2018”, ujar Danlanal Yogyakarta. (NSR/bang natsir).