Danlanud Rsn: Calon Prajurit TNI AU Harus Miliki Integritas Karakter dan Jati Diri

TNI AU

PK,.RIAU,.Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka., S.T.,M.M. pimpin pelaksanaan Penentuan Akhir Tingkat Daerah (Pantukhirda) 14 Calon Siswa Tamtama TNI Angkatan Udara gelombang I di Makolanud RSN, Selasa (23/4/19).

Danlanud RSN Marsma TNI Ronny Irianto Moningka mengatakan, sebagai salah satu fungsi strategis, kegiatan ini merupakan momen penting untuk mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk dibentuk dan dikembangkan, sesuai dengan jargon Kasau Profesional, Militan dan Inovatif”.

“Setiap calon prajurit harus memiliki integritas karakter dan jati diri yang kokoh yang dapat meningkatkan performa TNI Angkatan Udara  dimasa yang akan datang dan seorang calon prajurit harus sehat jasmani dan rohani agar mampu mengatasi kesulitan yang dihadapi dalam melaksanakan tugas” Ujar Danlanud.

Selanjutnya Danlanud RSN mengatakan, seleksi daerah yang telah dilaksanakan selama beberapa minggu ini, telah diupayakan untuk menemukan bibit-bibit calon prajurit TNI Angkatan Udara yang  dapat dipertanggung jawabkan kepada Panitia Pusat.

“Saya yakin bahwa Panitia Pantukhirda Lanud RSN telah berkerja keras, dengan berdasarkan penilaian yang objektif, jujur dan transparan pada penerimaan dan seleksi dengan penilaian parameter dan prasyarat yang telah dilaksanakan, bagi casis yang nantinya dinyatakan lulus tingkat daerah, maka persiapkan diri lebih baik lagi untuk menghadapi seleksi tingkat pusat.

Kadispers yang diwakili oleh Kasibinpersman Letkol Adm Agus Supriadi.,S.E. mengatakan, bahwa Casis telah mengikuti beberapa tahapan seleksi diantaranya meliputi pemeriksaan administrasi, pemeriksaan kesehatan 1 dan 2 (Rikkes 1 dan 2), kesamaptaan jasmani, penelitian personel (litpers) tertulis dan wawancara, psykotes serta schrening POM.

“Setelah selesai pelaksanaan pantukhirda maka secara kredibel bahwa dari 14 Casis hanya 10 casis dinyatakan lulus dan segera mengikuti seleksi tingkat pusat di Lanud Adi Soemarno, Solo. Ucap Letkol Agus.