Danrem 071/Wk Ikuti Kirab Prosesi Pusaka Banyumas

TNI AD

Purwokerto – Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Han., beserta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Diponegoro Ny.Anita Dani Wardhana, pada Minggu (17/2/2019) menghadiri dan mengikuti Kirab Prosesi Pusaka Banyumas dalam rangka Hari Jadi Ke-448 Kabupaten Banyumas, di Rumah Dinas Wakil Bupati Banyumas Jl.Jenderal Sudirman Purwokerto.

Kirab Pusaka dalam rangkaian kegiatan Hari Jadi Ke-448 Kabupaten Banyumas setelah sebelumnya dilaksanakan ziarah ke makam Bupati Banyumas pertama R.Joko Kaiman di Desa Dawuhan Kec.Banyumas Kab.Banyumas, dilanjutkan syukuran dan ruwatan wayang kulit. Dilaksanakannya kegiatan prosesi perpindahan pusat pemerintahan Kabupaten Banyumas dari Kecamatan Banyumas ke Purwokerto serta pada tanggal 22 Februari puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Banyumas Ke-448 Tahun 2019.

Prosesi kirab Pusaka itu sendiri menggambarkan perpindahan pusat pemerintahan Kabupaten Banyumas yang semula di Kecamatan Banyumas dipindahkan ke Ke Kecamatan Purwokerto.

Kirab pusaka ditandai dengan penyerahan dan peletakkan pusaka oleh Bupati Banyumas Ir.Ahmad Husein kepada para punggawa pasukan pembawa pusaka diantaranya tombak Kiai Genjring, pusaka keris Kiai Gajah Endro, pusaka keris Nalapraja dan Kitab Stambul.

Setelah diserahkan kepada para punggawa Kadipaten (pasukan pembawa pusaka) oleh Bupati Banyumas, selanjutnya pusaka-pusaka tersebut dikirab dari rumah dinas Wakil Bupati Banyumas menyusuri jalan Jenderal Sudirman sejauh 2 Km menuju Alun-alun Purwokerto (Pendopo Sipanji) Pemkab Banyumas.

Kirab diawali manggala yudha dan diikuti dibelakangnya lambang daerah kemudian tombak Kiai Genjring bersama umbul-umbul kemudian secara berturut-turut pusaka Keris Kiai Gajah Endro, Keris Kiai Nalapraja dan Kitab Stambul. Dibelakang pusaka disusul barisan musik dari SMKN Banyumas dan SMK Nasional Purwokerto.

Kemudian dibelakang barisan musik dari pelajar Banyumas, barisan pasukan pembawa foto-foto Bupati Banyumas mulai dari awal Adipati Mrapat R.Joko Kaiman. Pembawa foto Bupati pertama dibawa oleh Kakang Mbekayu Banyumas dan foto-foto Bupati Banyumas ke-2 hingga ke-30. Setelah deretan foto-foto Bupati dari pertama hingga ke-30 berjalan, baru Bupati Banyumas ke-31 Ir.Ahmad Husein beserta istri dan Wakil Bupati Banyumas Drs.Saedo Tri Lastiono beserta istri. Kirab juga diikuti Forkopimda Banyumas berada di belakangnya disusul DPRD Banyumas, SKPD dan perangkat daerah lainnya serta organisasi kemasyarakatan dan mahasiswa serta pelajar Banyumas.
Disamping itu, selain kirab prosesi pusaka Banyumas juga dikirabkan OPD yang meraih prestasi membawa serta penghargaan yang diperoleh baik piala maupun piagam penghargaan.

Kirab Pusaka Hari Jadi Kabupaten Banyumas Ke-448 Tahun 2019, dihadiri dan diikuti Danrem 071/Wk Kolonel Kav Dani Wardhana,S.Sos., M.M., M.Han., beserta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 PD IV/Dip Ny.Anita Dani Wardhana, Bupati Banyumas Ir.Ahmad Husein dan Wakil Bupati Banyumas Drs.Saedo Tri Lastiono beserta istri beserta Forkopimda Banyumas beserta isteri, para SKPD Kab.Banyumas, pimpinan lembaga pendidikan sewilayah Banyumas, BUMN/BUMD sewilayah Banyumas, pimpinan perbankan sewilayah Banyumas, para Camat beserta Forkopimcam sewilayah Banyumas, para Kepala Kelurahan/Desa beserta unsur perangkatnya sewilayah Banyumas, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan ormas sewilayah Banyumas, mahasiswa dan pelajar Banyumas serta warga masyarakat.

Bupati Banyumas Ir.Ahmad Husein memberikan apresiasi yang tinggi terhadap warga masyarakatnya yang turut serta menyaksikan dan meramaikan jalannya prosesi kirab pusaka. Dia berharap, semoga dengan hari jadi Ke-448 Banyumas, Banyumas menjadi maju dan sejahtera, Banyumas aman, damai, rukun, dan kondusif.

Sementara itu, Danrem 071/Wk Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Han., pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan selamat hari jadi Banyumas Ke-448 Tahun 2019, semoga dengan hari jadi ini, Banyumas semakin maju, sejahtera, aman dan kondusif, Banyumas yang mempunyai daya saing, berbudaya berlandaskan iman dan takwa, Banyumas yang Cablaka.(Kamsi Gautama)