Evakuasi Tahap Kedua, Tim SAR Evakuasi 18 Kantong Jenazah

Nasional Peristiwa

PK,.BAKAN – Proses pengangkatan batu di goa lokaks tertimbunnya para penambang emas rakyat terus dilakukan. Hari ini (6/3) alat berat excavator yang awalnya menggunakan ukuran 20 dan 40 ton diganti dengan yang long arm. Hal ini dikarenakan masih banyak material batu yang berada di dalam dan harus dikeluarkan.

Dengan menggunakan excavator long arm material yg berada di dalam dapat dijangkau, sementara badan alat berat tersebut tetap berada di luar goa.

Penggunaan excavator long arm pun membuahkan hasil. Sejak pagi hingga sore hari, tim SAR gabungan telah mengevakuasi sebanyak 7 kantong jenazah. Itu artinya sebanyak 18 kantong jenazah telah terevakuasi terhitung sejak 4 Maret. Sementara hasil evakuasi tahap pertama masih sama yakni 27 korban.

“Kita bersyukur atas kerja sama yang kompak dari tim SAR gabungan pada evakuasi tahap kedua ini 18 kantong jenazah telah kita serahkan kepada tim forensik POLRI tinggal menunggu hasil. Jika dikalkulasi dengan evakuasi tahap pertama berarti total sudah 45, itu adalah seluruh hasil yang sudah kita dapat selama 9 hari. Sisanya semoga bisa kita selesaikan dengan maksimal”, ujar Direktur Operasi Basarnas di lokasi kejadian.

Hingga berita ini diturunkan proses penggunaan excavator masih terus berlanjut selama 24 jam.