Fokus Bahas Upaya Penanganan Covid-19 di Bali, Pangdam IX/Udayana Vidcon dengan Menko Marves RI

TNI AD

Denpasar – Kodam IX/Udayana kembali mengikuti pelaksanaan kegiatan Video Conference (Vidcon) dengan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi RI Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, M.P.A., pada Rabu (16/9/2020) malam, guna membahas secara khusus tentang Penanganan Covid-19 di wilayah Provinsi Bali.

Dalam Vidcon yang digelar di Ruang Airlangga Kodam IX/Udayana tersebut, Menko Marves RI menyampaikan tentang target sasaran kedepan untuk merubah perilaku masyarakat agar mencerminkan protokol kesehatan, penurunan kasus harian, peningkatan Recovery Rate dan penurunan Mortality Rate serta penurunan Absolute Mortality.

Baca Juga :  Dua Tumpeng Warnai HUT Kowad dan Hari Juang TNI AD di Kodam XII/Tpr
Kemudian, agar sasaran tersebut tercapai, maka harus mengambil langkah dengan menyamakan data pusat dan daerah untuk pengambilan keputusan, dan juga menggelar operasi yustisi guna menegakkan disiplin protokol kesehatan untuk mendorong perubahan perilaku masyarakat. Selain itu, manajemen perawatan pasien Covid-19 juga perlu ditingkatkan agar dapat pula meningkatkan Recovery Rate dan menurunkan Mortality Rate.

“Yang tidak kalah penting, rapat koordinasi dan pengecekkan di lapangan juga wajib dilakukan secara rutin untuk memastikan implementasinya telah berjalan dengan baik,” tegas Menko Marves RI.

Lebih lanjut Menko Marves RI menjelaskan tentang pembagian Rencana Aksi Penanganan Covid-19 yang berkoordinasi erat dengan Kodam IX/Udayana, Pemda Provinsi Bali dan Polda Bali. Terkhusus Kodam IX/Udayana, akan fokus menangani pembinaan teritorial sampai ke tingkat RT dengan peran fungsi Babinsa setempat yang memberikan pesan tegas tentang protokol kesehatan dan pesan disiplin positif secara masif kepada masyarakat hingga pembubaran kerumunan dan pengamanan pada pengisolasian kluster.

Menko Marves RI mengharapkan data di masing-masing kabupaten dan kota yang menunjukkan variable jumlah kasus kesembuhan dan tingkat kematian agar benar-benar akurat, serta data untuk masing-masing kluster penyebaran agar diklasifikasikan menjadi beberapa sub kluster besar seperti perkantoran, pasar, keluarga, maupun titik-titik keramaian lainnya.

“Agar dibuatkan juga rencana operasi lapangan dari Polda dan Kodam untuk pengerahan personel guna menegakkan disiplin protokol kesehatan di titik-titik keramaian serta detail rencana pembangunan pusat-pusat karantina untuk isolasi pasien OTG dan gejala ringan guna menghindari isolasi mandiri, sehingga dapat menurunkan tingkat kematian di Bali, terutama akibat angka yang menunjukkan persentase penggunaan fasilitas rawat inap (Bed Occupancy Ratio) yang sudah tinggi,” tutur Menko Marves RI.

Menanggapi arahan dari Menko Marves RI, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara pada kesempatan tersebut memaparkan tentang upaya-upaya yang akan dilaksanakan Kodam IX/Udayana dalam penanganan Covid-19 di wilayah Provinsi Bali dengan melaksanakan tindakan preventif, preemtif dan represif.

“Kedepan, untuk sasaran prioritas pendisiplinan protokol kesehatan, Kodam IX/Udayana bersinergi dengan Pemda dan Polda Bali akan melaksanakan operasi yustisi dan penindakkan disiplin serta melaksanakan pembinaan teritorial di 97 tempat ibadah, 230 pusat perbelanjaan, 103 tempat wisata dan 33 sarana atau fasilitas umum dengan jumlah total sasaran prioritas 463 titik,” demikian tegas Pangdam.

Dari tempat masing-masing, Vidcon ini juga dihadiri oleh Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, Ketua Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo, Gubernur Bali I Wayan Koster, Kapolda Bali Irjen. Pol. Dr. Drs. Petrus Reinhard Golose, M.M., Danrem 161/WS Brigjen TNI Samuel Petrus Hehakaya dan Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani serta seluruh jajaran Kodim se Kodam IX/Udayana.

Sedangkan, turut mendampingi Pangdam di Makodam IX/Udayana antara lain Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana, Kapok Sahli Pangdam IX/Udayana, Danrem 163/WSA, Asrendam IX/Udayana, Para Asisten Kasdam IX/Udayana, Danpomdam IX/Udayana, Kapendam IX/Udayana, Kakesdam IX/Udayana, Kahubdam IX/Udayana, Kainfolahtadam IX/Udayana dan Kapuskodalopsdam IX/Udayana. (Pendam IX/Udy)

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of