Hut Ke-73 Jalasenastri, Turut Berkiprah Dalam Upaya Membangun Bangsa

TNI AL

PK. Jakarta, 27 Agustus 2019—Selama 73 tahun bukanlah waktu yang singkat, perjalanan panjang pengabdian Jalasenastri sebagai organisasi Isteri Prajurit TNI AL, telah turut berkiprah dalam upaya membangun bangsa. Demikian diungkapkan Ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji, saat acara puncak Peringatan HUT ke-73 Jalasenastri, di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (27/8).

“Sebagai organisasi kemasyarakatan, Jalasenastri tetap konsisten dalam meningkatkan kepedulian sosial, pendidikan dan kesejahteraan keluarga prajurit TNI Angkatan Laut”, ungkap Ny. Manik Siwi Sukma Adji.

Sejalan dengan hal tersebut, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., selaku Pembina Jalasenastri menyampaikan bahwa, hakekat seorang ibu atau isteri memiliki peran sentral dan strategis yang sangat penting, karena sebagai tiang dalam keluarga yang akan menciptakan keluarga sakinah, sebagai pilar utama bangsa pencetak putra-putri yang hebat dalam membangun bangsa.

“Jadilah isteri yang setia mendampingi dan mendukung suami, serta ibu yang mampu menjadi pendidik dan pengasuh bagi putra-putrinya. TNI AL memerlukan peran ibu untuk menanamkan nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika, toleransi, di hati dan pikiran anak-anak kita”, tandas Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Pada hari jadinya yang ke-73 ini Jalasenastri mengangkat tema, “Jalasenastri Berperan Aktif Dalam Mencerdaskan dan Menyejahterakan Keluarga TNI AL serta Peduli terhadap Kesehatan dan Pelestarian Lingkungan Hidup”. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dalam acara puncak peringatan tahun 2019 ini, dilaksanakan pula peluncuran buku “Ecoprint dan Filosofi Daun”, yang merupakan buku karya Ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji. Dalam peluncuran buku ini, Ketua Umum Jalasenastri secara langsung memberikan buku kepada Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahjanto.

Selain itu, dalam memeriahkan peringatan HUT Jalasenastri tersebut berbagai pertunjukan pentas seni ditampilkan oleh para anggota Jalasenastri di antaranya berbagai tari-tarian tradisional, penampilan musik Keroncong, vocal group dan paduan suara, serta penampilan 30 orang peragawan dan peragawati yang memamerkan baju batik ecoprint. Pada kesempatan ini juga dimulai kegiatan “Jala Fair” yang merupakan pameran seni dan budaya Indonesia.

Turut hadir dalam kesempatan ini Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahjanto, Ketua Umum Persit Khartika Chandra Kirana Ny. Hetty Andika Perkasa, Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum Jalasenastri dari masa ke masa, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Wuspo Lukito, S.E. M.M., Wakil Ketua Umum Jalasenastri Ny. Chichi Wuspo Lukito, para Pejabat Utama Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), para Pemimpin Komando Utama Angkatan Laut, serta seluruh anggota Jalasenastri wilayah Barat dan Timur.

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of