Jelang Pemilu Presiden Dan Legislatif 2019,Lanud J.B. Soedirman Gelar Latihan Pengamanan

TNI AU

PK,.PURBALINGGA,.Dalam rangka mendukung pengamanan pemilu Presiden dan Legislatif 2019, Lanud J.B. Soedirman menggelar  kegiatan sosialisasi netralitas TNI, refreshing Protap  dan  latihan Penanggulangan Huru Hara (PHH) yang diikuti oleh seluruh personel Lanud JBS. Kegiatan latihan  di Lanud J.B. Soedirman dilaksanakan selama tiga hari.

Di hari pertama kegiatan latihan diawali dengan pemberian materi  sosialisasi tentang pemahaman netralitas TNI oleh Kaur Intelud Lanud J.B. Soedirman Letda Sus Rony Prasetyo dan pemberian materi tentang Protap Penanggulangan Huru Hara (PHH) Lanud J.B. Soedirman yang disampaikan oleh Kasiopslat Lanud JBS Kapten Lek Rianto.

Sementara di hari kedua dilaksanakan gelar perlengkapan dan pasukan yang langsung ditinjau oleh Komandan Lanud J.B Soedirman Letkol Pnb Putu Sucahyadi S,AP., M.Sc., M.M., latihan hari pertama diakhiri dengan pemberian materi latihan PHH diantaranya, sikap dasar, sikap berjalan, formasi bersaf, formasi paroh lembing dan formasi melintang kanan dan melintang kiri.

Pada hari ketiga dilaksanakan kegiatan simulasi latihan PHH di jalan masuk Bandara J.B. Soedirman,Rabu (06/02) yang dipimpin oleh Kadisops Lanud JBS Mayor Tek Naharuddin dengan latihan yang diskenariokan adanya ketidakpuasan sekelompak masa dengan hasil Pemilu, sehingga melakukan tindakan unjuk rasa dengan cara orasi, membakar ban dan melakukan tindakan anarkis serta mengancam kerusakan fasilitas umum yang ada disekitarnya.

Namun dengan sigap Tim PHH Lanud J.B. Soedirman dapat menghalau para pengunjuk rasa, memberikan pengertian dan setelah provokator dalam kegiatan tersebut berhasil diamankan dan dapat diajak bernegosiasi oleh negosiator dari Lanud kemudian menjelaskan tuntutan mereka untuk disampaikan secara prosedur ke KPU serta tidak melakukan unjuk rasa di fasilitas umum, para demonstranpun dapat dikendalikan dan akhirnya mereka kembali dengan tertib.

Sebelum pelaksanaan latihan, Komandan Lanud J.B Soedirman Letkol Pnb Putu Sucahyadi S,AP., M.Sc., M.M. menekankan kepada seluruh personel yang terlibat latihan PHH agar dalam rangka Pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden 2019 untuk selalu siap siaga setiap saat apabila sewaktu-waktu dibutuhkan mulai dari perlengkapan, teknis pergerakan, prosedur yang berlaku dan juga memahami mengenai netralitas TNI.

“Kegiatan latihan ini agar dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab, pahami segala ketentuan serta memperhatikan faktor keselamatan, baik personel maupun perlengkapan materiil yang dipergunakan dalam latihan dan laksanakan drill taktis ini seperti drill teknis latihan PHH yang sudah dilaksanakan, dengan begitu kita akan dapat mencapai hasil latihan yang maksimal sesuai dengan sasaran yang diharapkan”, Jelas Danlanud.