Kasau : Monumen Pesawat F-16 Berikan Warna Bagi Masyarakat

TNI AU

PK,.RIAU,.— Seiring peningkatan minat masyarakat Riau dan sekitarnya untuk menimba ilmu dan menambah wawasan kedirgantaraan di Lanud Roesmin Nurjadin, membuat jajaran Lanud Roesmin Nurjadin membutuhkan diorama sejarah Lanud Rsn untuk memberikan warna bagi pelajar dan masyarakat.

Demikian apa yang dikatakan oleh Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E.,M.M., dalam sambutannya pada acara peresmian monumen Pesawat F-16 Fighting Falcon NO. TS-1643 di taman Dirgantara Malanud Roesmin Nurjadin, Senin (28/10/19).

“Pesawat ini adalah generasi pertama dari pembelian tahap II pesawat F-16, Block C/D ke Negeri Paman Sam. Setelah mengalami musibah, pesawat ini nyaris menjadi besi tua mengingat kondisinya cukup parah akibat terbakar, ungkap Kasau.

Selanjutnya Marsekal TNI Yuyu Sutisna mengatakan, bahwa waktu Komandan Lanud Roesmin meminta pesawat untuk dijadikan ikon wisata dirgantara, saya teringat dengan pesawat F-16 tersebut. Alhamdulillah, Komandan Koharmatau bersedia memfasilitasi dan mengembalikan rancang bangun pesawat kembali ke bentuk semula.

“Dengan segala upaya dan kerja keras untuk mengembalikan wujud pesawat tersebut dari generasi Danlanud Rsn dijabat Marsma TNI Henri Alfiandi, diteruskan oleh Marsma TNI Age Wiraksono, akhirnya dituntaskan Marsma TNI Ronny Irianto Moningka”, ungkap Kasau.

Selanjutnya Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna mengatakan, saya sangat mengapresiasi kerja keras, mulai persiapan hingga peresmian Tugu F-16 Fighting Falcon yang dijalankan ketiga Danlanud tersebut.
“Secara pribadi dan atas nama pimpinan TNI Angkatan Udara, saya ucapkan terima kasih atas berdirinya Tugu F-16 ini, semoga bisa dimaksimalkan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat Riau tentang kedirgantaraan,” kata Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Disaksikan Gubernur Riau Drs H. Syamsuar, Pangkoopsau I Marsda TNI Khairil Lubis dan Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny I Moningka, Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna menandatangani prasasti tugu.

Setelah penanda tanganan Kasau berikan penghargaan kepada personel Skatek 045 yang telah berperan aktif dan menghabiskan waktu sampai jadinya pesawat tersebut menjadi monumen.

Turut hadir dalam acara tersebut, Gubernur Provinsi Riau Drs.H.Syamsuar, Ketua Umum Pia Ardhya Garini Ny.Ayu Yuyu Sutisna, Ketua PIA Adhya Garini D.I Koopsau I Ny.Sondang Khairil Lubis, Ketua PIA Ardhya Garini Cab.12/D.I Lanud RSN Ny.Irenne Moningka, serta Irjenau Marsda TNI Johanes Barchmans,SW., Aspam Marsda TNI Tamsil Gustan Malik,S.E.,Aspers Marsda TNI Anastasius Sumadi, Dankorharmatau Marsda TNI Deto Priyono, Danseskoau Marsda TNI Henry Alfiandi, Danpuspomau Marsma TNI R.Agung Handoko,S.H., M.M.,M.H., dan para Kadis jajaran Mabesau, dan dilanjutkan foto bersama.

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of