Ketua Korcab V DJA ll Hadiri Pemberian Beasiswa Yayasan Bhakti Jala Kanya Th. 2019

TNI AL

Lantamal V (1/2), —Ketua Korcab V Jalasenastri Daerah Koarmada II, Ny. Wenny Edwin menghadiri  acara pemberian beasiswa Yayasan Bhakti Jala Kanya Th. 2019 dan Ceramah Kesehatan keapda 122 orang penerima beasiswa yang digelar di Wisma Yos Sudarso,  Jl. Yos Sudarso No. 12,  Surabaya,  Jumat (1/2).

Pemberian beasisiwa pendidikan ini dihadiri langsung Ketua Yayasan Bhakti Jala Kanya Tetty Agus Soehartono.

Tampak hadiri juga Wakil Ketua Yayasan Bhakti Jala Kanya Ny. Endah Ade Supandi,  Pengurus Yayasan Bhakti Jala Kanya, Ketua Daerah, Ketua Gabungan, Ketua CBS dan  Ketua Cabang Jalasenastri di wilayah Bakor Surabaya sertapengurus Korcab V DJA ll lainnya.

Menurut Tetty -sapaan akrab istri mantan Panglima TNI Laksamana TNI (Purn) Agua Suhartono,  S. E,  ini mengatakan bahwa yayasan yang dipimpinnya tersebut akan konsen untuk memberikan bantuan pendidikan kepada kepada putra putri purnawirawan TNI AL yang berprestasi diberbagai bidang.

Hal ini dimaksudkan untuk meringankan beban biaya sekolah bagi siswa yang masih duduk di bangku sekolah baik tingkat SMP, SMU atau yang di perguruan tinggi setelah orang tuanya pensiun dari kedinasan TNI AL.

“Alhamdulillah kali ini kami bisa menyalurkan beasiswa untuk 122 orang di wilayah Surabaya dan sekitarnya, mudah mudahan kedepan bisa lebih banyak lagi,” terangnya.

Pemberian beasiswa ini lanjutnya,  tidak hanya untuk putra putri purnawirawan TNI AL yg berada di Surabaya saja,  namun bagi putra putri purnawirawan yang ada di daerah lainnya di Indonesia.

Usai pemberian beasiswa, axara dilanjutkan dengan Ceramah Kesehatan tentang Bahaya Narkoba dan HIV  disampaikan Kolonel Laut (K) Dr. I Ketut Tirka Nandaka, SpKj (K)., MM. (Kepala Medical Check Up RSAL Dr. Ramelan Surabaya).

Menurutnya, AIDS singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome merupakan kumpulan dari gejala dan infeksi atau biasa disebut sindrom yang diakibatkan oleh kerusakan sistem kekebalan tubuh manusia karena virus HIV.

Sementara itu HIV (Human Immunodeficiency Virus) merupakan virus yang dapat melemahkan kekebalan tubuh pada manusia.

Jika seseorang terkena virus semacam ini akan mudah terserang infeksi oportunistik atau mudah terkena tumor. Untuk sampai saat ini, penyakit HIV AIDS belum bisa disembuhkan dan ditemukan obatnya, kalau pun ada itu hanya menghentikan atau memperlambat perkembangan virusnya saja.

Virus HIV dan virus-virus sejenisnya seperti  SIV, FIV dan lain-lain biasanya tertular melalui kontak langsung antara aliran darah dengan cairan tubuh yang didalamnya terkandung HIV, yakni darah, air mani, cairan vagina, cairan preseminal, dan air susu ibu.

Penularan virus ini sering terjadi pada saat seseorang berhubungan intim, jarum suntik yang terkontaminasi, transfusi darah, ibu yang sedang menyusui, dan berbagai macam bentuk kontak lainnya dengan cairan-cairan tubuh tersebut.

Oleh karena itu,  Ia berpesan kepada generasi muda untuk tetap menjaga diri, sikap dan perilaku dalam pergaulan seharj hari.  Jangan sampai terjerumus kepada perilaku yang bisa mengakibatkan penyesalan sepanjang hidup dan merugikan diri,  keluarga dan lingkungan.