KODIM 0711/PEMALANG GELAR UPACARA PENUTUPAN TMMD SENGKUYUNG TAHAP III TA. 2018

TNI AD

Kodim 0711/Pml (13/11)., Kodim 0711/Pemalang melaksanakan Upacara Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2018, bertempat di lapangan Dusun Kemamang Desa Suarajaya Kecamatan Pemalang Kab. Pemalang, pada Selasa (13/11/18), Bertindak sebagai Inspektur upacara Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Edy Supriyadi, S.S., M.M., M. Tr (Han)., selaku Komandan Upacara Danramil 04/Comal Lettu Cba Supardi, SH., dan sebagai Perwira Upacara Pasipers Lettu Arh Nasri. Kegiatan tersebut mengambil tema “TNI Manunggal Rakyat Dalam Mewujudkan Desa Yang Maju, Ssejahtera Dan Demokratis ”

Hadir dalam upacara tersebut Wakil Bupati Pemalang Drs. Martono, Dandim 0711/ Pemalang Letkol Inf Edy Supriyadi, S.S., M.M. M. Tr ( Han), Kabagops Polres Pemalang Kompol Alkaf Caniago, Kajari Pemalang Ferizal, SH., MM., Dandenpomal Lanal Tegal Kapten Laut (PM) M. Atfal, Para Danramil jajaran Kodim 0711/Pemalang, Para Kapolsek jajaran Polres Pemalang, Muspika se Kab. Pemalang, Para OPD Kab. Pemalang, Kades/ lurah se Kec. Pemalang, Organisasi wanita (PKK, Persit KCK dan Bhayangkari) dan tamu undangan lainnya serta dengan pasukan upacara antara lain 1 Unit Korsik Pemda kab. Pemalang, 1 SSK Kodim 0711/Pemalang, 1 SST TNI AL Lanal Tegal, 1 SST Polres Pemalang, 1 SST Polhut Pemalang, 1 SST Korpri Kec. Pemalang, 1 SST OSIS SLTA, 1 SSK Pramuka penegak dan 1 SSK Masyarakat.

Dalam upacara tersebut berlangsung pelepasan tanda peserta dan para pekerja TMMD Sengkuyung tahap III TA. 2018 diantaranya Anggota TNI, Hansip dan Masyarakat oleh Inspektur upacara Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Edy Supriyadi, S.S., M.M., M. Tr (Han). dan penyerahan berita acara hasil proyek sasaran fisik dari Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Edy Supriyadi, S.S., M.M., M. Tr (Han) kepada Bupati Pemalang yang diwakili Wakil Bupati Drs. Martono,

Baca Juga :  Melalui Pendekatan Agama Satgas Raider 300 Menjaga Kerukunan Antar Warga

Adapun dalam pelaksanaan TMMD tahap III TA. 2018 di wilayah Kodim 0711/Pemalang dengan sasaran kegiatan fisik dan non fisik, Kegiatan Fisik pembangunan Infrastruktur berupa peningkatan jalan /Makadam (Panjang 830 m dan Lebar 3 m), pembuatan talud (Panjang 10 m, Tebal 0,8 m Tinggi 1,55 m), pembuatan jembatan beton 2 unit (Panjang 6 m dan Lebar 2,5 m) (Panjang 4 m dan Lebar 2,5 m) dan pembuatan plat deker 1 unit (panjang 6 m, Tebal 0,6 m dan Tinggi 0,8 m).

Jalan tersebut merupakan jalan tembusa antara desa surajaya kec. Pemalang dengan desa Penusuan Kec. Bantarbolang. Sedangkan kegiatan non fisik, antara lain Pelayanan Keluarga Berencana dan pemeriksaan kesehatan, Penyuluhan kamtibmas, bahaya Narkoba dan miras, Penyuluhan hukum terpadu, Penyuluhan UU No. 22 tahun 2009 tentang lalu lintas, Penyuluhan radikalisme dan terorisme, Penyuluhan tentang wawasan kebangsaan, penyuluhan tentang bencana alam, sosialisasi Pajale, sosialisasi penyelenggaraan administrasi penduduk, sosialisasi Koperasi, perekaman data E-KTP, sosialisasi tentang perijinan, peyalanan perpanjangan SIM, pelatihan perbengkelan dan Pemutaran film..

Dalam amanatnya Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD Jenderal TNI Moelyono yang dibacakan oleh Inspektur upacara Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Edy Supriyadi, S.S., M.M., M. Tr (Han)., Menyampaikan Sebagai insan yang beriman dan bertakwa, marilah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena hanya atas rahmat dan ridho-Nya, kita dapat mengikuti Upacara Penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 Tahun 2018 dalam keadaan sehat wal’afiat. Selama hampir satu bulan sejak kegiatan TMMD ke-103 ini secara resmi dibuka pada 15 Oktober 2018 yang lalu, para prajurit TNI, anggota Kepolisian, aparat Pemda, serta segenap komponen masyarakat telah bekerja keras, guna mencapai sasaran pembangunan, baik fisik maupun non-fisik, yang mencakup 50 desa sasaran di 50 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Baca Juga :  WADAN SATGAS KAPTEN INF SIMON PIMPIN LANGSUNG PELAKSANAAN PENGASAPAN PENYEMPROTAN NYAMUK

Hal ini menjadi refleksi kekuatan yang sangat besar dari segenap komponen Bangsa, yang memiliki visi, misi dan tujuan bersama guna mengatasi berbagai persoalan pembangunan serta problematika kesejahteraan masyarakat. wilayah dan masyarakat sebagai pendorong kemajuan Bangsa, yang bermuara pada terbentuknya kekuatan pertahanan nasional yang kokoh.

Oleh karena itu, pada kesempatan yang sangat baik ini, saya selaku Penanggung Jawab Operasional (PJO) TMMD,menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para Gubernur, Bupati, Walikota, instansi Kementerian terkait dan khususnya kepada seluruh masyarakat. Pada pelaksanaan TMMD kali ini kita mengangkat tema “TNI Manunggal Rakyat dalam Mewujudkan Desa yang Maju, Sejahtera dan Demokratis.” Tema ini sejalan dengan visi Pemerintah Pusat melalui kebijakan “Membangun Indonesia dari pinggiran”.

Dari segi pembangunan fisik, Satgas TMMD beserta seluruh komponen masyarakat secara nasional telah melaksanakan pembangunan infrastruktur pedesaan, berupa pembukaan 52 km lebih jalan baru, serta peningkatan badan jalan dengan panjang total 326 km. Selain itu, dilaksanakan juga pembangunan dan rehabilitasi puluhan jembatan, rumah ibadah dan sekolah, serta perbaikan rumah-rumah tidak layak huni dan berbagai prasarana sanitasi untuk masyarakat. TMMD kali ini juga telah mewujudkan sinergi dan kerja sama antara 8 Lembaga Pemerintah setingkat Kementerian.Tercatat bahwa Kementerian Agama turut berkontribusi dalam pemberian bantuan kitab suci Al-Qur’an.

Selain itu, Kementerian Perindustrian juga memberikan bantuan semen dan material untuk pembangunan jalan dan rehabilitasi rumah. Peserta Upacara dan Hadirin yang saya hormati, Dengan telah berakhirnya TMMD ke-103 ini, saya ingin berpesan kepada kita semua, khususnya kepada anggota Satgas TMMD dan segenap masyarakat sebagai berikut :

Yang pertama, pertahankan kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dan rakyat yang telah kita rasakan selama kegiatan TMMD ini. Tingkatkan semangat untuk bekerja dan membangun bersama, sebagai realisasi semangat gotong royong yang merupakan warisan asli bangsa kita.

Baca Juga :  Terluka Akibat Parang, Tangan Misie Diobati Satgas Yonif 713

Selanjutnya, peliharalah hasil-hasil program TMMD ke-103 ini dengan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan seluruh warga masyarakat. Teruslah membangun dan mengembangkan potensi desa masing-masing, serta jadikan diri kita sebagai agen-agen pembangunan yang menyebarkan energi positif bagi lingkungan sekitar kita untuk mau belajar dan memajukan desa dan wilayahnya.

Setelah pelaksanaan upacara rombongan Forkopimda dan para tamu undangan melaksanakan tari gemuh maumere, tari tobelo, tari Satria yang di pandu oleh Ibu-ibu Persit KCK Cab XXI Kodim 0711/Pemalang. Kemudian dilanjutkan peninjuan lokasi hasil pelaksanaan TMMD Sengkuyung tahap III TA. 2018 di wilayah Kodim 0711/Pemalang.