Kolonel Wijayanto Hadiri Pelepasan 125 Tim Napak Tilas

TNI AL

PK.Koarmada II. Surabaya, 01 Mei 2019,.—Komandan Lanal (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Wijayanto menghadiri pelepasan 125 tim napak tilas Teks Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan di Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan, Senin (29/4/2019) malam.

Dalam acara pelepasan tersebut di hadiri Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor, Bupati HSS, H Achmad Fikry dan Danrem 101/ Antasari, Kolonel Inf M Syech Ismed.

Untuk rute napak tilas meliputi Monomen Proklamasi 17 Mei di Desa Batu Bini, Kecamatan Padang Batung, hingga mengunjungi lokasi bersejarah, seperti rumah rapat Brigjend Hasan Basry di Desa Durian Rabung, Tugu Ni’ih, Buper Kantawan, Kecamatan Loksado, Desa Batu Bini (Mandapai) dan Finish di Kandangan.

Sementara itu dalam sambutannya Gubernur Kalsel menyampaikan bahwasannya kegiatan ini merupakan upaya untuk terus melestarikan dan mewariskan nilai-nilai perjuangan yang terkandung dalam Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan.

Selain itu, napak tilas juga momentum untuk menggali, mengahayati, sekaligus upaya menerapkan nilai-nilai perjuangan Brigjend TNI Hasan Basry dalam mempertahankan NKRI. Menurut Paman Birin, sapaan akrabnya, Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan merupakan sejarah bagi Kalsel.

“Melalui proklamasi 17 Mei 1949 yang dibacakan dan ditandatangani Brigjend TNI Hasan Basry atas nama rakyat Kalsel, menyatakan Kalsel sebagai bagian yang tak terpisahkan dari wilayah NKRI,” Pungkas orang nomor satu di jajaran Pemprov Kalsel ini.
“Kandangan merupakan kotanya para pejuang yang tanpa pamrih, dan itu harus diwarisi masyarakatnya”. Tandas Bupati HSS, H Achmad Fikry,