Komandan Lantamal V Hadiri Pembukaan Rakor Rentinkon Kotamaops TNI Wiltim TA. 2019

TNI AL

Lantamal V (28/3), —Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Danlantamal V), Koarmada II, Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H,.M.Han menghadiri Pembukaan Rakor Rentinkon Kotamaops TNI wiltim TA. 2019 yang digelar di gedung Candrasa Mako Koarmada II, Ujung, Surabaya, Kamis (28/3).

Rakor yang mengusung tema “Kotamaops TNI selalu siap mengantisipasi dan merespon setiap kemungkinan Kontijensi yang akan terjadi di Wilayah tanggung jawab masing-masing” ini dipimpin Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si.

Tampak hadir dalam giat tersebut Pangdam V/BRW, Kas Pangkoarmada II dan Peserta Rakor dari jajaran TNI diwilayah Timur lainnya.

Menurut Pangkoarmada ll dalam sambutannya mengatakan bahwa Undang Undang No. 3 tahun 2002 tentang pertahanan negara, peran dan tugas TNI diselengarakan dalam operasi militer untuk perang.

Unsur – unsur Kotamaops TNI untuk menghadapi kontinjensi di wilayah yang jadi tanggung jawabnya, dimana penyusunan Rentinkon Kotamaops TNI harus terencana, terpadu, komperensif dan aplikatif dengan mengutamakan kekuatan yang ada di Kotamaops TNI sesuai dengan wilayah tanggung jawabnya serta dapat mensinergikan dan mengintegrasikan kekuatan lain yang ada di wilayahnya.

Rakor ini lanjutnya, dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui sejauhmana mekanisme penyunsunan Rentinkon Kotamaops TNI dalam rangka mengantisipasi kesiapsiagaan, merumuskan dan mengaplikasikan rencana tindakan guna menghadapi kontinjensi yang diperkirakan akan terjadi di wilayah tanggung jawab masing-masing.

Ia beriharap pelaksanaan penyusunan naskah Rentinkon dapat berjalan dengan baik, laksanankan koordinasi gunakan informasi yang didapat baik berupa saran atau masukan pada Rakor ini, untuk segera dijabarkan dalam penyusunan rencana pelibatan masing-masing demi kesempurnaan naskah Rentinkon yang dibuat, sehingga Rentinkon ini dapat diaplikasikan oleh Kotamaops TNI dalam menghadapi kontinjensi di wilayah tanggung jawabnya masing-masing.

Baca Juga :  DANGUSPURLA KOARMADA II HADIRI APEL GELAR PASUKAN PENGAMANAN VVIP IMF-WB DI BALI

Rakor ini juga merupakan sarana komando atas untuk mendapatkan bahan masukan, berupa kontinjensi terpilih sebagai bahan penyusunan rencana tindakan menghadapi kontinjensi Kotamaops TNI tahun 2020 serta penyusunan program kerja bidang operasi.

“Rentinkon Kotamaops TNI merupakan salah satu dokumen pendukung dalam penyusunan program kerja TNI,” pungkasnya.