KOMANDAN PASMAR 2 HADIRI PEMBUKA PAMERAN ALUTSISTA TNI DI KOARMADA II

TNI AL

Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi menghadiri pembukaan pameran Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) TNI, di Dermaga Madura Koarmada II Ujung, Surabaya. Sabtu (06/10/2018).

Acara pameran Alutsista TNI dibuka secara langsung oleh Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II, Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., bersama Panglima Kodam (Pangdam) V/Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman dan Komandan Lanud (Danlanud) Kolonel Pnb Budi Ramelan, S.E., yang diselenggarakan oleh tiga matra yaitu TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara, dalam rangka menyambut peringatan HUT ke 73 TNI tahun 2018 dengan tema, “Profesionalisme TNI untuk rakyat”.

Kegiatan ini bertujuan untuk menunjukkan kepada masyarakat Alutsista yang dimiliki oleh TNI sebagai bentuk pertanggungjawaban TNI kepada rakyat. Sehingga terwujudnya semangat patriotisme dan nasionalisme masyarakat terhadap TNI yang kuat, handal, disegani dan di cintai rakyat, serta siap menjawab kepercayaan dan tugas yang diberikan negara dan rakyat dalam menjaga NKRI.

Sejumlah peralatan tempur Korps Marinir turut dipamerkan dalam pameran Alutsista TNI ini, yang diantaranya Tank BMP-3F, Aligator, MLRS Vamfire, Monobs, Radar Hughes, dan Ahmad Rupanpur.serta peralatan tempur lainnya dari Yontaifib 2 Mar dan Brigif 2 Mar.

Selain peralatan tempur Korps Marinir TNI AL, juga dipamerkan peralatan tempur dari TNI AD MBT Leopard, MLRS Astros, Tank Scorpion,  Tank Stromer, Tank Transporter, Panser Anoa 6 x 6 APC, Panser Intai 4 x 4,  Rudal MMS, 1 Rudal LML. Dari jajaran TNI AL yang dipamerkan diantaranya kapal layar latih legendaris TNI Angkatan Laut yaitu KRI Dewaruci, kapal perang kelas SIGMA yang pernah bertugas dalam misi perdamaian dunia di Lebanon, KRI Frans Kaisiepo-368 dan KRI Diponegoro-365, KAL Bawean yang dapat digunakan joysailing di sekitar perairan Surabaya dan kapal selam terbaru KRI Ardadedali-404, ada pula Heli Colibri EC 120B Puspenerbal, Torpedo, sedangkan dari TNI AU sendiri menampilkan Miniatur Pesawat Udara, Korpaskhas dan Ordirga, serta beberapa Stand dari PT. Len Industri, PT. Infoglobal Teknologi Semesta dan PT. Karimun Anugrah Sejati.

Baca Juga :  Gubernur AAL Pimpin Temu Tenaga Pendidik AAL

Pameran Alutsista berlangsung selama 2 hari dari tanggal 6-7 Oktober 2018. Pada hari pertama usai acara pembukaan dilanjutkan dengan demo Beladiri (Yongmoodo, MMA danTaekwondo), demo terjun payung, dan Genderang Suling Gita Taruna AAL serta hiburan band.

Pejabat Korps Marinir yang hadir pada kegiatan tersebut Dankolatmar Kolonel Marinir Sarjito, Danlanmar Surabaya Kolonel Marinir Mauriadi, para Asisten Danpasmar 2, dan para Dankolak/Satlak di jajaran Pasmar 2.