Koramil Sukolilo Kodim Surabaya Timur Bukan hanya Markas Tentara, Namun Juga Markas Anak-anak Penerus Bangsa

TNI AD

PK,.Surabaya – Markas Komando Rayon Militer yang biasa disebut Makoramil yang satu ini berbeda dengan yang lainnya, pemandangan setiap hari bukan hanya tentara yang berpakaian doreng, namun Koramil 0831/04 Sukolilo Kodim Surabaya Timur ini selalu dipenuhi oleh anak-anak penerus bangsa yang masih berseragam sekolah.

Hal ini terjadi sejak Komandan Koramil, Mayor Inf Supriyo Triwahono ulyang selalu punya inisiatif, ide, kreatif dan motifatis dimanapun dia menjabat. sebagai Danramil. Salah satunya yang saat ini sedang dalam proses finishing pekerjaan yakni membuat Bonbin (Kebun Binatang) mini yang langsung menarik pengunjung dari anak-anak hungga dewasa. Kebun binatang mini tersebut saat ini telah terhuni sebanyak 32 jenis binatang, diantaranya :

1. Ular Sowo Kembang (3m).
2. Panda .
3. Monyet.
4. Tupai Terbang.
5. Tupai Kelapa .
6. Landak mini.
7. Kelinci.
8. Marmut.
9. Burung Puyuh.
10. Tikus Putih.
11. Musang.
12 Kucing Persia.
13. Kucing Anggora.
14. Kalong.
15. Burung Elang.
16. Burung Hantu.
17. Burung Derkuku.
18. Burung Puter.
19. Burung Kenari.
20. Burung Love Bird.
21. Burung Glatik.
22. Burung Manyar.
23. Burung Emprit Kaji.
24. Ikan Lele.
25. Ikan Patin.
26. Ikan Merah.
27. Ayam Ketawa.
28. Ayam Bangkok.
29. Ayam Kampung.
30. Burung Jalak.
31. Burung Kutilang.
32. Hamster.

Jumlah tersebut akan terus bertambah jika tempat yang disediakan mewadai, dan salah satu kegiatan anggota Koramil Sukolilo adalah memberikan penjelasan terhadap anak-anak yang swlalu ingin tahu jenis binatang yang mereka lihat didepannya.

Mayor Inf Supriyo Triwahono dengan inisiatifnya tersebut setiap kali membelikan makanan untuk binatang-binatang ini harus mengeluarkan dana sekitar Rp. 250.000. Rasa kecintaannya terhadap binatang nampak saat Danramil Sukolilo memberikan makan kepada seluruh binatang yang ada.

Bermanfaat sekali bagi anak-anak sekitar Makoramil yang bisa wisata melihat binatang gratis dan tidak jauh-jauh, cukup pulang sekolah langsung mampir ke Koramil Sukolilo Surabaya sehingga Markas tentara tersebut tidak lagi ditakutkan oleh anak-anak, justru menjadi seperti rumah mereka sendiri. Disini salah satu slogan “Bersama Rakyat TNI Kuat” teraplikasi dengan baik di Koramil 0831/04 Sukolilo Kodim Surabaya Timur yang dipimpin oleh Mayor Inf Supriyo Triwahono. (mark|red)