Korem Cek Kendaraan Dinas TNI dan Pribadi, Tekan Pelanggaran Lalu Lintas

TNI AD

PK.Samarinda.Dalam rangka mencegah dan menekan terjadinya pelanggaran lalu lintas yang dilakukan prajurit dan PNS TNI, Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) bekerja sama Denpom Samarinda VI/1 Samarinda melaksanakan Sosialisasi Operasi Gaktib TA. 2019, Senin (11/3/2019).

Setelah melaksanakan upacara bendera hari Senin di Makorem 091/ASN, Jalan Gajah Mada, Samarinda, ratusan prajurit diapelkan Kasi Intel Korem 091/ASN, Kolonel Inf Priyanto Eko Widodo dan juga sebagai Irup upacara memerintahkan prajurit dan PNS yang memakai kendaraan dinas maupun pribadi di kumpulkan depan lapangan hitam guna di cek dan pemeriksaan administrasi kelengkapan surat-surat kendaraan serta kelengkapan diri.

Kegiatan ini juga sekaligus dirangkai dengan pemeriksaan administrasi kelengkapan surat-surat kendaraan, kondisi fisik kendaraan, serta kelengkapan materil kendaraan. Baik kendaraan dinas, kendaraan pribadi roda dua, maupun roda empat atau lebih. Adapun yang diperiksa seperti STNK TNI/Umum, SIM TNI/Umum, Kartu Tanda Anggota (KTA), dan data diri personel lainnya.

Kapenrem 091/ASN Kapten Arh Azrul Azis mengatakan, kegiatan Sosialisasi Operasi Gaktib dan Yustisi serta pemeriksaan kelengkapan personel dan kendaraan ini dilaksanakan dalam rangka Operasi Gaktib dan Yustisi POM TNI 2019 yang telah digelar diseluruh wilayah tanah air, sebagai upaya preventif guna mencegah dan mengeliminir serta menekan tindak pelanggaran prajurit dan PNS di lingkungan TNI khususnya Korem 091/ASN.

“Kegiatan yang kita laksanakan ini, merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara serentak diseluruh Kodam VI/Mulawarman. Tidak hanya di Korem 091/ASN saja, namun juga dilaksanakan di seluruh jajaran Kodam VI/Mulawarman. Sebagai tindakan dan langkah preventif guna mencegah dan menekan pelanggaran yang dilakukan prajurit dan PNS baik pelanggaran disiplin maupun tindak pelanggaran pidana”, ujarnya.

Dengan kegiatan ini Dandim berharap, di kalangan prajurit dan PNS TNI akan timbul kesadaran dan ketaatan hukum, disiplin dan tata tertib dalam berlalu lintas, serta disiplin personel dalam pelaksanaan tugas.

Baca Juga :  Dharma Pertiwi Daerah L Gelar Pelatihan Ecoprint Dalam Rangka Hari Ibu ke-91

“Diharapkan pula, prajurit dan PNS TNI dapat menjadi contoh bagi masyarakat dalam tertib berlalu lintas,” sebutnya.

Sementara itu, Wadan Denpom Samarinda VI/1 Samarinda Mayor Cpn Nur Yulianto menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan ini untuk mengetahui dan mengecek sejauh mana para prajurit dan PNS TNI dalam mendisiplinkan dirinya serta melengkapi kelengkapan administrasi, baik kelengkapan diri maupun kelengkapan kendaraannya.

“Kegiatan ini sebagai langkah preventif kita (POMAD) agar personel dapat melengkapi apa yang dirasa belum ada kelengkapannya, sehingga kedepan personel bila ada gaktib disiplin, mereka sudah tidak ragu lagi melaksanakan tugas dengan semestinya tanpa ada beban di pundaknya,” tukasnya.