KRI DPN – 365 SIAP IKUTI LATMA MULTILATERAL KAKADU 2018

TNI AL
Surabaya, 01 Agustus 2018 ,.Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M. menerima paparan tentang rencana garis besar pelaksanaan Latihan Bersama (Latma) Multilateral Kakadu Tahun 2018, yang disampaikan oleh Komandan KRI Diponegoro (DPN) – 365 Kolonel Laut (P) Aminudin Albek selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Latma Multilateral Kakadu 2018, bertempat di Rupat Pangkoarmada II, Ujung Surabaya. Rabu (01/08/2018).
Dansatgas dalam penjelasannya dihadapan Pangkoarmada II menyampaikan Latma Multilateral Kakadu 2018 yang rutin dilaksanakan dua tahunan ini rencananya akan dilaksanakan pada bulan September 2018 di wilayah perairan Darwin Australia, dengan Royal Australian Navy (RAN) selaku tuan rumah.
Pada latihan kali ini, TNI Angkatan Laut mengirimkan KRI DPN – 365 unsur Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmada II dan Pesawat Udara (Pesud) CN 235 P-8301 unsur Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal)  sebagai delegasi dari TNI Angkatan Laut, yang akan melaksanakan lintas laut menuju Darwin Australia untuk ikut serta dalam pelaksanaan latihan yang juga diikuti oleh Angkatan Laut kawasan Asia Pasifik tersebut.
Latihan ini memiliki tujuan untuk mempererat kerja sama antara TNI Angkatan Laut dan negara-negara peserta latihan, meningkatkan interoperability dalam maritime security regional pada operasi multilateral. Sedangkan sasaran Latma Multilateral Kakadu 2018, yaitu untuk memelihara dan meningkatkan hubungan  antara negara peserta latihan  dalam menjaga stabilitas keamanan regional, meningkatkan koordinasi dan kerjasama dalam pemahaman prosedur dan taktik operasi laut, serta mengembangkan prosedur maritime security berdasarkan Standar Operational Prosedure (SOP) untuk pemeriksaan di laut dan Search and Rescue (SAR).
Hadir pada acara tersebut, Kaskoarmada II Laksma TNI I N.G. Sudihartawan, S.Pi., M.M., Para Asisten Pangkoarmada II, Koorsahli Pangkoarmada II, serta segenap Kasatker Mako Koarmada II.