Kuis Pelajar, Seminar IT Guru dan Pameran Pendidikan Meriahkan HUT ke 56 Dharma Pertiwi

TNI AD

PK,.Tabanan – Hidup di era global, manusia sangat bergantung pada teknologi. Mulai dari lansia hingga balita semua tidak bisa dipisahkan dengan teknologi, khususnya teknologi komunikasi dan informasi. Begitu besarnya pengaruh teknologi bagi kehidupan manusia, maka muncul pepatah ‘Barang siapa menguasai teknologi, dialah yang menguasai dunia’.

Demikian disampaikan Ketua Dharma Pertiwi Daerah J, Ny. Riza Benny Susianto, dalam sambutannya pada acara Kuis Pelajar, Seminar IT Guru dan Pameran Pendidikan dalam rangka memperingati hari HUT ke 56 Dharma Pertiwi TA. 2020 di Aula Ngurah Rai Rindam IX/Udayana, Tabanan, pada Selasa (10/3/2020).

Sebelumnya, pada acara yang bertemakan ‘Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Pendidikan di Era Digital’ tersebut, Ketua Dharma Pertiwi Daerah J mengucapkan selamat datang kepada para peserta Kuis Pelajar dan peserta Seminar IT Guru, diiringi harapan semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dalam menambah pengetahuan dan wawasan terutama berkaitan dengan kemajuan ilmu dan teknologi yang berkembang diera globalisasi.

Menghadapi berbagai tantangan generasi penerus bangsa, Ketua Dharma Pertiwi Daerah J mengungkapkan, para guru atau pendidik memiliki tanggung jawab yang berat untuk membekali ilmu pengetahuan dan keterampilan para peserta didik agar menjadi manusia yang berkualitas, berkarakter dan mempunyai daya saing.

Ny. Riza Benny Susianto menyebutkan bahwa internet adalah salah satu pengaruh perkembangan teknologi informasi terhadap dunia pendidikan, dimana saat ini internet dapat menjadi sarana belajar yang positif. Dengan memanfaatkan internet, guru dan murid dapat belajar dari berbagai sumber sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi lebih variatif.

“Untuk itu, saya meminta kepada para pengajar/guru untuk membuka wawasan dan cara pandang dalam memanfaatkan teknologi baru sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar. Para guru juga harus mampu meningkatkan kemampuannya dalam bidang IT secara optimal, juga harus pandai dalam menyerap dan memilah ilmu pengetahuan maupun informasi dalam internet tersebut,” jelasnya.

Baca Juga :  TNI / POLRI, PUSKESMAS KARATUNG DAN ASN KECAMATAN NANUSA SERTA SAHBANDAR KARATUNG LAKUKAN PENYEMPROTAN PENUMPANG

Kepada para peserta kuis pelajar, Ketua Dharma Pertiwi Daerah J berpesan agar menunjukkan kemampuan terbaiknya dengan tetap menjunjung tinggi sportivitas. Jangan bosan untuk terus belajar, asah bakat dan keterampilan yang dimiliki.

“Kedepan kalian akan menghadapi dunia kerja dengan tingkat persaingan tinggi dan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Tetaplah semangat, optimis dan berjuang keras untuk mencapai apa yang menjadi harapan dan cita-cita kalian,” tegasnya.

Kemudian kepada peserta Seminar IT Guru, agar mengikuti seminar ini dengan baik, manfaatkan kesempatan guna membuka wawasan, pola pikir dan menambah pengetahuan. Harus yakin bahwa semua yang dilakukan pasti akan bermanfaat dalam mendidik anak-anak dan membina keluarga yang bahagia.

Usai sambutan, Ketua Dharma Pertiwi Daerah J beserta tamu undangan juga menyempatkan untuk meninjau Pameran Pendidikan yang digelar oleh Persit KCK jajaran Kwarcab Rem 163/WSA dan Bazzar yang diselenggarakan oleh Seksi Ekonomi Dharma Pertiwi Daerah J, serta dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Pada acara Seminar IT Guru, sebagai moderator antara lain Ibu Rica Yanuarti, M.Pd., selaku Tim dari Pusdatin Kemendikbud RI, serta Bapak I Komang Rika Adiputra, M.Pd., selaku Duta Rumah Belajar Bali dari SMK Kesehatan Bali Medika dan Bapak I Nyoman Haryantara, S.Pd., selaku Duta Rumah Belajar Bali dari SMPN 4 Petang.

Acara dihadiri juga oleh Pembina Harian Dharma Pertiwi Daerah J, Wakil Ketua Dharma Pertiwi Daerah J, Wakil Ketua Persit KCK PD IX/Udayana, Ketua IKKT Provinsi Bali, Ketua Bidang Pendidikan Yayasan Kartika Jaya Cabang VII, Pengurus Dharma Pertiwi Daerah J beserta unsur Pia Ardya Garini dan Jalasenastri, serta diikuti oleh Para Guru peserta Seminar IT dan siswa-siswi peserta Kuis Pelajar dari SD Kartika VII-1, VII-2 dan VII-3 Denpasar. (Pendam IX/Udy)

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of