Latihan Kesehatan Tingkat 3 Lantamal V TA. 2018 Berakhir

TNI AL

Lantamal V (09/11), —Latihan Kesehatan Tingkat 3 TA. 2018 yang digelar Dinas Kesehatan Pangkalan Utama TNI AL V (Diskes Lantaman V) berakhir dan ditutup Kasubdiskesla Diskes Lantamal V Letkol Laut (K/W) Rusmini mewakili Kadiskes Lantamal V) Kolonel Laut (K) dr. Imam Hidayat, Sp. S. Jumat (8/11).

Penutupan yang digelar di Rupat Utama Diskes Lantamal V ini perwira perwakilan Kadiskes Koarmada II, perwakilan dari Kolatarmada II, perwakilan dari Yonkes Mar II, perwakilan dari Rumkit dr. Oepomo dan peserta latihan.

Dalam arahannya Kadiskes yang di bacakan oleh Letkol (K/W) Rusmini mengatakan bahwa Latkes Tingkat 3 ini merupakan perwujudan dari salah satu program kerja Diskes Lantamal V TA 2018.

Hal ini sebagai sarana untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan dasar bantuan hidup dasar dan P3K bagi prajurit di lingkungan Mako Lantamal V dalam pelaksanaan tugas sehari-hari saat terjadi insiden kecelakaan kerja di laut sebelum dilaksanakan tindak lanjut ke faskes terdekat.

Pada Latkes Tingkat 3 ini telah diberikan materi penanganan korban penyelaman dan trauma dan prosedur jaring komunikasi evakuasi medis.

Materi tersebut lanjutnya,  sangat berguna untuk meningkatkan profesionalisme personel tentang pengetahuan prosedur penanganan penyelamatan korban penyelaman, tata cara jaring komunikasi evakuasi yang benar dan diharapkan akan sangat bermanfaat jika sedang dalam kondisi darurat saat mengalami peristiwa tersebut.

Kadiskes berharap,  semua ilmu yang telah diperoleh peserta dalam latihan ini dapat diaplikasikan dalam tugas, sehingga mampu ciptakan dan wujudkan zerro accident.