Latopspamobvitnas 2018 Masuki Latihan Manouver Lapangan

TNI AL

Lantamal V (13/11).Latihan Operasi Pengamanan Objek Vital Nasional (Latopspamobvitnas) TA.2018 yang digelar Koarmada ll sejak 5 November lalu, mulai memasuki tahap Manouver Lapangan yang dihelat kawasan PT.PAL Indonesia, DBAL, Ujung, Surabaya, Selasa (13/11).

Menurut Asisten Operasi Danlantamal V Kolonel Laut (P) Agus Prabowo yang juga sebagai Ketua Staf Latihan Latopspamobvitnas TA.2018 mengatakan bahwa tahap manouver lapangan (Manlap) ini dilakukan oleh 147 personel dari Koarmada ll dan lantamal V serta melibatkan 27 orang karyawan dan pengamanan PT.PAL.

Tahapan Manlap kali ini dimulai dengan simulasi Tim Dakhura Yonmarhanlan V menangani dan mengatasi aksi anarkis demonstrans yang dilakukan di depan gerbang utama PT.PAL Indonesia.

Dalam aksi tersebut, tim Po Lantamal V mengamankan seorang provokator yang diduga melakukan pelempar bom molotove yang menimbulkan kebakaran. Untuk penanganan kebakaran sendiri diaksi oleh tim PMK dari PT PAL dan PMK Lantamal V.

Dalam latihan tersebut lanjutnya,  juga disimulasikan bagaimana kesigapan tim medis dalam penanganan medis terhadap korban kebakaran yang dimainkan oleh tim Diskes Lantamal V, PT PAL dan Diskes Armada II.

Kemudian pada sesi penyandraan, tim Satuan Pasukan Katak Koarmada Il, berhasil melakukan penanganan dengan profesionalitas pasukan khusus TNI AL yang dimiliki, yang pada akhirnya korban penyandraan bisa diselamatkan  dengan melumpuhkan para peyandra terlebih dahulu.

Begitu juga dengan adanya bom yang diletakan penyandra di beberapa lokasi gedung, bisa dijinakkan oleh tim Jihandak Satkopaska Armada II.

Sementara itu untuk penanganan dari  infiltran dari laut, Satrol Lantamal V telah menyiapkan dan melakukan penyekatan oleh beberapa unsur KRI, KAL dan Patkamla yang dilengkapi peralatan memadai.

Dalam tahapan Manlap kali ini, diawasi Tim Penasehat yang diketuai Kolonel Kaut (P) Hadi Susilo dari Irjenal dan Tim Peninjau dari Staf Operasi Angkatan Laut (Sopsal).