Letkol Pnb Risdiyanto Jabat Komandan Skadron 6 Lanud Atang Sendjaja

TNI AU

PK,.BOGOR,.—Letkol Pnb Risdiyanto resmi menjabat sebagai Komandan Skadron Udara 6 Wing 4 Lanud Atang Sendjaja menggantikan Letkol Pnb A. Kholiq Yulianto dalam upacara militer dengan Inspketur Upacara Komandan Lanud Atang Sendjaja Marsekal Pertama TNI Eding Sungkana, yang berlangsung di Apron Skadron Udara 6 Wing 4 Lanud Atang Sendjaja, Jumat (25/10).

Pergantian jabatan Komandan Skadron Udara 6 ditandai dengan penanggalan tanda jabatan dari Komandan Skadron yang lama dan pemasangan tanda jabatan serta penyerahan tongkat Komando kepada Komandan Skadron yang baru dan tunggul Skdaron Udara 6 oleh Komandan Lanud Atang Sendjaja.

Komandan Lanud Atang Sendjaja, Marsma TNI Eding Sungkana mengatakan bahwa, pergantian jabatan bukan suatu hal yang begitu saja terjadi. Sebab di dalamnya, mengandung makna luas. Di samping sebagai sarana tour of area dan tour of duty dalam proses mata rantai pembinaan personel.

Termasuk bagi organisasi sebagai pemberdayaan sumber daya manusia untuk mencari ide-ide segar dalam pencapain tujuan pokok yang mengarah kepada peningkatan prestasi kerja lebih baik lagi.

“Sertijab Danskadron Udata 6 ini merupakan bagian dari pembinaan dan pendayagunaan sumber daya manusia agar optimal. Sekaligus merupakan indikator utama dari kesinambungan kepemimpinan yang mengarah kepada peningkatan prestasi kerja lebih baik lagi,” jelas Danlanud Ats.

Marsma TNI Eding Sungkana juga menyampaikan, pergantian jabatan seperti ini mengandung makna kelanjutan dari proses dinamisasi untuk memelihara dan meningkatkan peran organisasi. Serta terwujudnya penyegaran manajemen yang akan berimplikasi terhadap peranan Lanud Atang Sendjaja.

“Tugas Skadron Udara 6 adalah menyiapkan serta melaksanakan pembinaan dan pengoperasian unsur-unsur penerbangan sesuai dengan fungsinya. Baik pesawat maupun awak pesawat yang berada dalam satuannya,” jelas Danlanud Ats.

Tugas tersebut, sambung Marsma TNI Eding Sungkana, bila dikaitkan dengan keberadaan Lanud Atang Sendjaja sebagai pangkalan operasi di jajaran Koopsau I, tentu saja bukan tugas yang ringan.

“Seorang komandan skadron diharapkan mampu menyelenggarakan pembinaan dan operasional secara profesional. Salah satunya tetap mempertahankan predikat “Zero Accident” bisa terus terjaga. Dan Letkol Pnb A. Kholiq Yulianto mampu menjalankan peran itu dengan sangat baik, ” ungkap Danlanud Ats.

Cukup banyak prestasi yang telah diraih Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja selama dipimpin Letkol Pnb A. Kholiq Yulianto. Antara lain pada September lalu mampu mengukir tinta emas sejarah dengan misi Giant Flag Underslung yang pertama di bumi pertiwi Indonesia.

Dengan menggunakan helikopter jenis NAS-
332 Super Puma, pria kelahiran Grobogan pada 1979 ini mengibarkan bendera Raksasa Tri Matra berukuran 30 meter x 20 meter yang di dalamnya memuat lambang TNI, TNI AU, AD, dan AL yang disaksikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal TNI Yuyu Sutisna beserta rombongan.

Setelah dinilai sukses pada percobaan pertama kali, misi ini kemudian mendapatkan kepercayaan untuk tampil dan disaksikan oleh Presiden Joko Widodo dalam demo udara HUT Ke-74 TNI di Jakarta kolaborasi antara Skadron Udara 6 dan Skadron Udara 8.

Selain catatan sejarah tersebut, prestasi lain yang berhasil diraih yaitu sebagai unsur helikopter terbaik pada kegiatan Angkasa Yudha pada 2019.

Karena itu, pada kesempatan tersebut, Danlanud Atang Sendjaja menyampaikan ucapan terimakasih serta penghargaan kepada Letkol Pnb A. Kholiq Yulianto. “Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Letkol Pnb A. Kholiq Yulianto atas dedikasi, loyalitas serta kinerja yang baik selama ini sebagai Komandan Skadron Udara 6. Semoga ditempat tugas yang baru dapat menunjukan kiprahnya dan semakin sukses lagi,” ujar Danlanud Atang Sendjaja.

Hal senada juga disampaikan kepada Letkol Pnb Risdiyanto. “Saya ucapkan selamat atas kepercayaan yang telah diberikan pimpinan kepada saudara. Ini adalah suatu kehormatan sekaligus tanggung jawab untuk mengemban tugas sebagai Komandan Skadron udara 6 Lanud Atang Sendjaja. Berikanlah yang terbaik bagi Angkatan Udara khususnya Lanud Atang Sendjaja,” pungkas Marsma TNI Eding Sungkana.

Hadir dalam sertijab Danskadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP), Marsdya TNI Bagus Puruhito. Kemudian para mantan Danskadron Udara 6, komandan Wing 4, para pejabat Lanud Atang Sendjaja, para pejabat TNI dan Polri di Kabupaten Bogor, para komandan skadron udara dan komandan batalyon, para sesepuh Skadron Udara 6 serta perwira, bintara, tamtama dan pegawai negeri sipil serta tamu undangan lainnya.

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of