Linmas Adalah Ujung Tombak Garda Terdepan Dalam Kamtibmas

TNI AD

Cilacap – Bati Tuud Pelda Kharis Wahyudi mewakili Danramil 10/Gandrungmangu melaksanakan Pembinaan kepada anggota Linmas bertempat di Pendopo Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap, Senin (19/11/2018).

Kegiatan yang diselenggarakan Satpol PP Kabupaten Cilacap ini mengusung tema “Pembinaan dan Pembentukan Linmas Inti Rakyat Terlatih Cepat 2018″. Kegiatan pembinaan ini diikuti anggota Linmas se-Kecamatan Gandrungmangu dan dihadiri oleh Kasat Linmas Satpol PP Kabupaten Cilacap Didik Pradipta, S.H, MH., Bati Tuud Koramil 10 Pelda Kharis, Kanit Bhabinkamtibmas Aiptu Iswanto serta Kasi trantib Kecamatan Gandrungmangu Bambang.

Pembinaan Linmas yang di lakukan di tingkat kecamatan itu bertujuan agar Linmas mengetahui apa tugas dan tupoksinya sebagai Linmas. Sebagai Satuan Perlindungan Masyarakat, Linmas mempunyai tugas melaksanakan kegiatan perlindungan masyarakat dalam rangka penanggulangan dan penanganan pengungsi, membantu aparat pemerintah dalam memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, serta membantu kegiatan sosial kemasyarakatan di desa atau kelurahan.

Dalam kegiatan tersebut, anggota Linmas yang berjumlah 30 orang di latih materi baris berbaris oleh pembina dari TNI dan juga Polri. Disela-sela keguatan itu Pelda Kharis menjelaskan, bahwa ada lima unsur fungsi Linmas yaitu membantu penanggulangan bencana, membantu keamanan dan ketertiban masyarakat, membantu kegiatan sosial, membantu dalam penyelenggaraan  pemilu serta membantu pertahanan negara.

” Linmas itu sendiri adalah ujung tombak di masyarakat dan Garda terdepan dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya,” tandasnya.(Kamsi Gautama)