PANGKOARMADA II TERIMA KESIAPAN LATMA SEA THUNDER III DAN ANALISIS KINERJA SUBDISHAR SEWACO

TNI AL
PK,.Surabaya, 08 November 2018,.Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II, Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si., menerima paparan Rencana Garis Besar (RGB) yang disampaikan oleh Komandan Satuan Komando Pasukan Katak (Dansatkopaska) Koarmada II, Kolonel Laut (T) Ariyadi, S.T., tentang Latihan Bersama (Latma) Sea Thunder III antara Kopaska TNI AL dengan Special Service Group (SSG) Pakistan Navy Tahun 2018, bertempat di Ruang Rapat Pangkoarmada II, Ujung Surabaya. Kamis, (08/11/2018).
Menurut Dansatkopaska bahwa Latihan Sea Thunder III dilatarbelakangi oleh kegiatan latma lanjutan dari Black Coral 2016 dan Sea Thunder II 2017 yang sudah terprogram di Staf Operasi Angkatan Laut (Sopsal). Selain itu, latihan ini merupakan salah satu bentuk kerja sama militer yang dilaksanakan salah satu pasukan khusus kedua negara yaitu Satkopaska dan SSG (N).
Sedangkan dalam latihan tersebut ada tiga hal penting yang diantaranya, memupuk hubungan bilateral yang baik antar kedua negara dan mengenalkan kultur serta budaya kedua negara, sebagai ajang memperlihatkan profesionalisme kemampuan Kopaska TNI AL baik langsung maupun secara tidak langsung, dan kesempatan untuk mengumpulkan data kekuatan Pasukan asing pada masa damai, khususnya Pasukan yang berkualifikasi khusus.
Latma Sea Thunder III 2018 rencananya akan dilaksanakan mulai tanggal 26 November s.d. 7 Desember 2018 mengangkat tema, “Satkopaska TNI Angkatan Laut bersama SSG (N) Pakistan Navy melaksanakan Latma Sea Thunder III 2018 di Area Latihan Koarmada II Surabaya dalam rangka meningkatkan kerja sama militer (Military of Military”.
Selanjutnya, Asisten Personel (Aspers) Pangkoarmada II, Kolonel Laut (P) Singgih Sugiarto, S.T., M.Si., memaparkan tentang Analisa Beban Kerja Sub Dinas Pemeliharaan Sewaco Kotama Operasi kepada Pangkoarmada II yang didalamnya menyampaikan maksud dari kegiatan ini adalah memberikan gambaran tentang beban kerja Subdishar Sewaco Disharkap Kotama Operasi, yang akan digunakan sebagai salah satu dasar dalam melakukan validasi organisasi.
Sedangkan tujuannya yakni sebagai bahan masukan dan pertimbangan bagi pemimpin TNI AL dalam melaksanakan proses validasi organisasi.
Pelaksanaan penilaian dan perhitungan beban kerja di lingkungan TNI Angkatan Laut secara umum dilakukan secara periodik minimal tiga tahun atau sesuai kebutuhan organisasi. Waktu penilaian analisis beban kerja Subdishar Sewaco Koarmada II dilaksanakan pada tanggal 02 s.d. 09 Oktober 2018.