Peduli Lingkungan, Korem 133/NW Gorontalo Tanam Rumput Vetiver Cegah Erosi

TNI AD

JAKARTA, – Dalam upaya mencegah erosi dan tanah longsor, Korem 133/Nani Wartabone menggelar kegiatan menanam tumbuhan jenis rumput Vetiver sebagai wujud kepedulian kepada kelestarian lingkungan hidup dengan tema Bersama Lestarikan Bumi Indonesia Demi Masa Depan Generasi Penerus Bangsa.

Hal tersebut disampaikan Kapenrem 133/NW, Mayor Inf Fathan Ali, dalam keterangan tertulisnya di Gorontalo, Kamis (19/11/2020).

Diungkapkan Kapenrem, kegiatan yang dilaksanakan Korem 133/NW terlaksana berkat kerja sama dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) di Kelurahan Bionga Gorontalo pada Rabu (18/11/2020),

Baca Juga :  BERSAMA PANGDAM, DANREM 172/PWY MENYAMBUT KUNKER GUGUS TUGAS PERCEPATAN COVID-19 DI PAPUA
Sementara itu, Danrem 133/NW Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito, M.A, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Seksi Teritorial Kasrem 133/Nani Wartabone Kolonel Inf Marthen Pasundan S.Sos.,M.H., mengatakan bahwa kegiatan pembinaan lingkungan hidup yang dilaksanakan oleh Korem 133/NW di wilayah Provinsi Gorontalo khususnya di Kabupaten Gorontalo, merupakan salah satu wujud kepedulian terhadap pentingnya penanaman rumput Vetiver secara berkelanjutan untuk pelestarian lingkungan.

“Rumput Vetiver atau Akar Wangi ini mempunyai nama latin Vetivera Zizanioides, memiliki akar sampai dua meter, sehingga menjadi salah satu tumbuhan yang dapat mencegah erosi dan tanah longsor,” ujarnya.

“Penanaman rumput tersebut sangat cocok mencegah erosi serta tanah longsor, sebagaimana yang sering terjadi akhir-akhir ini,” tegas Danrem.

Danrem juga berharap kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut, hendaknya bertanggung jawab penuh mulai dari proses penanaman, pemeliharaan sampai dengan upaya pengamanan terhadap rumput Vetiver yang telah ditanam.

Di tempat yang sama Kepala BPDAS Provinsi Gorontalo Heru Permana, S.Hut., M.T., M.A., mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Korem 133/NW, dengan adanya penanaman rumput Vetiver, yang sangat bermanfaat untuk mengurangi erosi dan longsor di wilayah Provinsi Gorontalo terutama Kabupaten Gorontalo.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Kadis Lingkungan Hidup Provinsi Gorontalo, Faizal Lamakaraka, Ketua FKPPI Pondjo Sutowo, Camat Limboto, Guntur Pakaya, Staf BPBD Provinsi Gorontalo, Kasim Nangili serta perwakilan dari Polres Gorontalo. (Dispenad)

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of