Personel Kosekhanudnas IV dan Jajaran TNI Polri Wilayah Papua Ikuti Gladi Upacara HUT TNI ke 73 di Biak dan Merauke

TNI AU

PK Biak-Kosekhanusnas IV. Dalam rangka mempersiapkan upacara puncak peringatan HUT Tentara Nasional Indonesia Ke-73 Tahun 2018 di Biak, Personel Kosekhanudnas IV bersama TNI Polri wilayah Biak menggelar Gladi HUT TNI Ke-73 yang dipusatkan di Lapangan Mako TNI AL Lanal Biak. Sama Halnya dengan yang dilaksanakan oleh Personel TNI Polri seluruh Indonesia, pagi ini seluruh TNI Polri wilayah Papua khususnya juga menggelar Gladi Upacara HUT TNI terpusat yang dilaksanakan di Lapangan Terbang Mopah, Manukwari-Merauke.

“Kegiatan puncak peringatan HUT TNI Ke-73 ini sebagai bentuk pertanggung jawaban TNI terhadap masyarakat dimana ditampilkan berbagai Atraksi Militer dan Defile pasukan TNI sebagai Komponen utama Pertahanan Negara,” kata Media Center Kosekhanudnas IV, Mayor Lek Joko Dwi Maryanto, S.T., M.M., dalam keterangan persnya, Kamis (04/10) pagi.

Dalam kesempatan yang sama, kadispers lanud Manuhua, Biak, Mayor Adm Yogie Azhar Koto, juga mengajak seluruh masyarakat Papua khususnya yang ada di Kota Biak dan sekitarnya untuk hadir dan menyaksikan Puncak Peringatan HUT TNI Ke-73 tahun 2018 kali ini pada Pameran Alutsista TNI Polri di STAB Lanud Manuhua tanggal 6 dan 7 Oktober 2018 Besok.

“Kegiatan tersebut pertama kalo diadakan di Biak dan dibuka untuk umum,” jelas yogie yang dalam Pameran Alutsista tahun 2018 ini sebagai ketua pelaksana di kota Biak.

Gladi HUT TNI Ke-73 di Merauke ini, sambung Joko, Pasukan parade upacara ini selain terdiri dari prajurit TNI tiga matra angkatan, baik itu Angkatan Laut, Angkatan Darat juga Angkatan Udara juga diikuti oleh personel POLRI, PNS gabungan, Pol PP, Basarnas dan juga pasukan adat Papua.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, SIP rencananya akan menjadi Irup pada pelaksanaan upacara HUT TNI Ke 73 di Merauke ini, selain itu pada upacara nanti juga akan dimeriahkan oleh demo udara Paramotor. Atraksi Bela Diri Militer dan juga drama kolosal perjuangan LB Moerdani saat operasi pembebasan Irian Barat dibantu oleh para pejuang Papua. Selain itu juga akan menampilkan berbagai atraksi pemecahan balok beton oleh Prajurit TNI AU yang rencananya akan memecahkan rekor Muri, kemahiran Prajurit menggunakan senjata, hingga atraksi yang menampilkan kehebatan Prajurit Militer lainnya.

“Tidak tanggung-tanggung berbagai Alutsista canggih milik TNI dan Polri akan dipamerkan dalam Pameran Alutsista ini nanti baik kendaraan taktis seperti Anoa APC 6 x 6 Pindad, Barracuda, Kendaraan Taktis Tempur, Kendaraan operasional hingga iringan konvoi dari komunitas kendaraan di Biak,” Sambung Kadispers Lanud Manuhua, Yogie.

Personel TNI AU yang mengikuti Glari dan Upacara HUT TNI Ke-73 di Merauke ini tergabung dalam Batalyon IV dan berasal dari satuan-satuan wilayah timur Indonesia diantaranya sebagian besar personel Kosekhanudnas IV sendiri baik pamen, pama maupun Bintara Tamtama, pasukan dari jajaran Koopsau III, dan dari Batalyon 468 Paskhas Biak. (Red/JDM)