Peserta Sosialisasi Siskomsat TA 2020 Belajar VSAT Manpack

TNI AL

TNI AL. Koarmada II, 5 Maret 2020–Dihari ke-3 Penyegaran dan Sosialisasi Pengoperasian Sistem Komunikasi Satelit (Siskomsat) TA 2020 yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi Elektronika Koarmada II, para peserta kali ini mendapatkan materi tentang VSAT Manpack (04/03).

VSAT sendiri merupakan singkatan dari Very Small Aperture Terminal, yakni stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antena penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari tiga meter. Fungsi utama dari VSAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit.

Sementara VSAT Manpack adalah alat komunikasi satelit portable yg bisa digunakan dimana saja, sebatas jangkauan satelit VSAT TNI AL. Dalam kesempatan tersebut, peserta sosialisasi yang berjumlah 30 orang ini melaksanakan praktek terhadap VSAT Manpack milik Satkopaska Koarmada II yang dipandu oleh Mayor Laut (E) Tulus dari Diskomlekal.

Menurut rencana kegiatan yang bertujuan memberi penyegaran terhadap para pengawak siskomsat agar meningkat keterampilan dan profesionalitasnya tersebut, akan berlangsung hingga tanggal 8 Maret 2020 nanti.

(Nov/Pen2)

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of