Pintu ke Pintu, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 509 Layani Kesehatan Warga

TNI AD

PK,.JAKARTA,- Berikan layanan kesehatan secara door to door , Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 509 Kostrad obati warga Kampung Yamrab dan Umuah yang sakit maupun pemeriksaan kesehatan secara berkala.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif Raider 509 Letkol Inf Wira Muharromah, S.H., Psc dalam rilis tertulisnya di Keerom, Papua, Kamis (7/11/2019).

Diungkapkan Dansatgas, dengan jarak tempuh sejauh 8 kilometer, personelnya memberikan layanan kesehatan kepada warga baik yang sakit ataupun sekedar memeriksa kesehatan warga.

“Kami membantu pihak Puskesmas di sini yang hanya sebulan sekali mendatangi Kampung ini untuk memeriksa kesehatan warga. Ini merupakan bentuk kami peduli kepada kesehatan warga, kapanpun warga ingin berobat, kami siap 24 jam untuk membantu, “ tuturnya.

“Senyum ceria dan dapat beraktifitas kembali dari warga masyarakat yang kembali sehat dengan pelayanan kesehatan keliling sangat kita harapkan. Semoga seluruh warga Web khususnya merasa terbantu dengan kehadiran Satgas Yonif Raider 509 Kostrad, “ imbuhnya.

Terpisah, Danpos Ubrub Lettu Inf abdul Katrub mengatakan, Kampung tersebut berjarak 8 Km dari pusat Distrik Web, Kab. Keerom, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Satgas terhadap masyarakat Kampung Yamrab dan Umuaf yang masih minim terhadap pelayanan kesehatan.

“ Disamping itu kebiasaan masyarakat yang masih enggan untuk dirawat inap jika mengalami sakit dikarenakan jarak yang jauh, tidak adanya sarana transportasi, “ tuturnya.

Katrub menjelaskan, kegiatan patroli kesehatan ini dimulai dengan anjangsana mendatangi rumah-rumah warga yang ingin berobat dan mengalami sakit, masyarakat sangat antusias dengan kedatangan tim kesehatan dari Pos Ubrub yang dipimpin oleh Bintara Kesehatan Pos (Bakes) Serda Enggar beserta tim kesehatan Satgas.

“Satgas Yonif Raider 509 Kostrad yang berada di Pos Ubrub selalu ikut ambil bagian dalam kegiatan kemanusiaan. Kegiatan patroli keamanan di sekitar kampung Umuaf dan Yamrab selalu disertakan personil kesehatan untuk memberikan pelayanan pengobatan keliling dari rumah ke rumah, ” ungkap Abdul Katrup.

Hal ini mendapat respon positif dari Darius Debem Kepala Kampung Umuaf dan Leonardus Jumbun Kepala Kampung Yamrab.

“Kami warga disini menyampaikan rasa terima kasih atas kepedulian bapak TNI yang sudah peduli terhadap kesehatan warga di kampung kami, kami tidak merasa khawatir lagi tentang kesehatan, karena setiap saat bapak TNI memeriksa kesehatan kami dan memberikan obat bila kami sakit, “ ujarnya.

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of