POM TNI AU Satprov Kosekhanudnas IV Bantu Polri Tertibkan Lalu Lintas

TNI AU

PK BIAK-KOSEKIV. Pengaturan lalu lintas bukan hanya menjadi tanggung jawab polisi lalu lintas namun menjadi tanggung jawab semua pihak, baik petugas maupun kesadaran pengguna jalan. Untuk itu kiprah Komandan Satuan Provost TNI AU (Dansatprov) Kosekhanudnas IV Biak, Kapten Pom Asman dan satuan jajarannya perlu mendapat acungan jempol dan apresiasi dari segala pihak.

Setiap pagi hari, Satuan Provost TNI AU Kosekhanudnas IV melaksanakan pengaturan lalu lintas di pertigaan-pertigaan strategis yang rawan laka lantas guna membantu Polisi lalu lintas Polres Kabupaten Biak Numfor dan para pengguna jalan, agar merasa aman, nyaman dan lancar, termasuk juga kegiatan positif yang dilaksanakan Satprov TNI AU Kosekhanudnas IV adalah membantu menyeberangkan anak sekolah agar terhindar dari laka lantas, Jumat (14/9/2018) pagi.

Suasana pagi hari bertempat di pertigaan sebelah kiri kantor bupati Biak Numfor dan pertigaan sebelah kanan kantor Korem Biak merupakan pusat persimpangan jalan menuju komplek markas militer, perkantoran, Sekolah yang sangat ramai dikala pagi hari jam-jamnya orang sibuk pengguna jalan berlalu lalang untuk berangkat ke kantor, sekolah, berjualan dan semua aktifitas yang sangat melelahkan, selain itu di pertigaan tersebut tidak dilengkapi dengan sarana lampu traffic light.

Polisi Militer TNI AU Kosekhanudnas IV, yang dalam hal ini dikenal dengan Satuan Provost TNI AU selaku penegak disiplin prajurit di Kesatuan Kosekhanudnas IV memegang peranan sangat penting dalam tatanan kehidupan dan ketertiban/kedisiplinan satuan, karena baik buruknya Satuan TNI khususnya Kosekhanudnas IV Biak dan Jajarannya ditentukan oleh kualitas dan disiplin prajurit itu sendiri. Kepribadian seorang Anggota Polisi Militer atau Provost harus dapat diwujudkan sebagai figur prajurit yang layak disebut prajurit Sapta Marga.

“Berkaitan dengan hal tersebut, Polisi Militer Kosekhanudnas IV atau Provost sebagai pembantu unsur pimpinan dalam penegakkan hukum, disiplin dan tata tertib di satuan, dituntut untuk senantiasa meningkatkan kualitas profesionalismenya,”ujar Panglima Kosekhanudnas IV Biak, Marsekal Pertama TNI Jorry S. Koloay, S IP., M.Han, saat memberikan arahan pada rapat perwira staf di ruang rapat Mako Kosekhanudnas IV Biak, Senin (10-9-2018).

Ditegaskannya dalam melaksanakan tugasnya, Provost kosekhanudnas IV yang aslinya adalah personel Polisi Militer dituntut untuk dapat bertindak secara tegas, arif dan bijaksana tanpa meninggalkan etika dan sopan santun serta tetap berpegang teguh pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI. Disamping itu, Provost Satuan harus mampu tampil sebagai teladan dan panutan dalam mentaati segala aturan dan ketentuan hukum yang berlaku, sehingga memberikan kontribusi positif, baik bagi prajurit maupun lingkungan masyarakat luas, tambah Pangkosekhanudnas IV.

Mengingat peran Provost yang demikian besar dalam upaya penegakan hukum, disiplin dan tata tertib di satuan, maka Dansatprov kosekhanudnas IV Biak, Kapten Pom Asman meminta agar seluruh anggotanya dapat melaksanakan tugas ini dengan penuh tanggung jawab.

“Tugas membantu Penertiban lalu lintas setiap pagi, di pertigaan-pertigaan sekitar wilayah satuan kami merupakan salah satu sasaran tugas kami juga dalam melaksanakan TR Opsgaktiblin (Operasi Penegakan Penertibam Lalu Lintas), Selain itu Sinergitas TNI Polri dalam pengaturan lalu lintas pagi hari di Kabupaten Biak Numfor ini sangat perlu kita tingkatkan.” tambah Perwira Polisi Militer TNI AU asal Medan ini. (Red/JDM).