PRAJURIT BRIGIF 2 MARINIR PERINGATI HARI KEBANGKITAN NASIONAL

TNI AL

PK,.Sidoarjo. Komandan Brigif 2 Marinir Kolonel Marinir Agus Gunawan Wibisono, S.H., M.M yang diwakili Komandan Batalyon Infanteri 1 Marinir Letkol Mar Danang Wahyu Isbiantoro,M. Tr. Hanla.,  M. M memimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 111 tahun 2016 di lapangan apel Bhumi Marinir Gedangan, Sidoarjo. Senin (20/05/2019).

Kegiatan diikuti prajurit Kima Brigif 2 Marinir, Yonif 1 Marinir dan Yonif 3 Marinr dengan Komandan Upacara Kapten Mar Heru Susanto tersebut dihadiri Para Perwira dijajaran Brigif 2 Marinir.

Kegiatan diawali dengan pembacaan Teks Pancasila oleh inspektur upacara, pembacaan pembukaan UUD 1945, pengucapan Sapta Marga dan pembacaan Panca Prasetya Korpri.

Dalam kesempatan tersebut juga dibacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudi Antara. Dalam sambutannya, Menkominfo mengatakan, Sumpah Palapa merupakan embrio yang paling kuat bagi janin persatuan Indonesia. Wilayah Nusantara yang disatukan oleh Gajah Mada telah menjadi acuan bagi perjuangan berat para pahlawan nasional untuk mengikat wilayah Indonesia seperti yang secara de jure terwujud dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke 111, 20 Mei 2019, lanjutnya, sangat relevan jika dimaknai dengan teks Sumpah Palapa, karena saat ini berada dalam situasi pasca pesta demokrasi, yaitu Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

“Alhamdulillah, sampai sekarang ini tahap-tahap pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta anggota Legislatif berlangsung dengan lancar. Kelancaran ini juga berkat pengorbanan banyak saudara-saudara kita yang menjadi anggota kelompk penyelenggara pemungutan suara, bahkan berupa pengorbanan nyawa,” kata Menkominfo.

Sungguh mulia perjuangan mereka untuk menjaga kelancaran dan kejujuran proses pemilu tahun 2019.  Sambil mengirim doa bagi ketenangan jiwa para pahlawan demokrasi tersebut, alangkah  eloknya jika kita wujudkan ucapan  terima kasih  atas pengorbanan  mereka dengan bersama-sama menunggu secara tertib ketetapan penghitungan suara resmi yang akan  diumumkan oleh lembaga yang ditunjuk oleh undang-undang, dalam waktu yang tidak lama lagi.

Mengakhiri sambutannya, Menkominfo menyampaikan selamat memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang keseratus sebelas, seraya mengajak agar kita semua sebagai sesama anak bangsa secara sadar memaknai peringatan kali ini dengan memperbarui semangat gotong-royong dan kolaborasi, sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa kita menuju kejayaan di pentas global.

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of