Prajurit Lantamal XIV dan Yonmarhanlan XIV Gelar Latihan Bongkar Pasang Senjata

TNI AL

Sorong, 31 Desember 2018. Prajurit Lantamal XIV dan Yonmarhanlan XIV gelar latihan bongkar pasang senjata, dalam hal ini Dandenma Lantamal XIV Letkol Mar Karno, S. Pd., di damping oleh Danyonmarhanlan XIV Mayor Mar Ali Wardana, S. E., M. Tr. Opsla., Kadisbek Lantamal XIV Mayor Laut (T) Usman Sabandar, S. T., dan Paban Opslat Sops Lantamal XIV Mayor Laut (P) Hari Suswoyo memantau sekaligus mengawasi langsung latihan bongkar pasang senjata tersebut yang bertempat di lapangan apel Mako Lantamal XIV Jl. Puncak Arfak No. 01 Kota Sorong, Papua Barat.

Latihan bongkar pasang senjata ini dalam rangka mengasah kemampuan para prajurit Lantamal XIV dan Yonmarhanlan XIV, selain itu diharapkan dari pelatihan bongkar pasang senjata ini prajurit Lantamal XIV dan Yonmarhanlan XIV tidak hanya mahir dalam menembak tepat sasaran, namun mahir juga dalam merawat senjata dengan pembersihan dalam senjata. Karena bila senjata sudah lama tidak dibongkar dan dibersihkan dapat menimbulkan trouble dalam penggunaan di lapangan.

Keterampilan bongkar pasang senjata ini sebenarnya sudah didapatkan sejak menempuh pendidikan dasar militer, namun diasah ulang agar semakin mahir. Selain bisa menggunakan senjata, para prajurit TNI AL terutama prajurit Lantamal XIV dan Yonmarhanlan XIV dituntut juga untuk mahir dalam merawat senjatanya, karena tidak menuntup kemungkinan bila di medan penugasan dapat terjadi permasalahan kemacetan senjata yang tanpa diduga dapat diatasi dengan cepat dan sigap.