Prajurit TNI AD Harus Gunakan Media Sosial Secara Bijak

TNI AD

PK,MEDAN,.Dalam rangka rangkaian kegiatan asistensi fungsi penerangan yang dilakukan oleh Dinas Penerangan Angkatan Darat kepada satuan-satuan jajaran penerangan Angkatan Darat yang dipimpin oleh Kasubdis Pembinan Fungsi (kasubdis Binfung) Dispenad Kolonel Arm Erland Hendriatna, S.IP, saat ini tim asistensi melakukan kunjungan kerja ke satuan jajaran penerangan Kodam I/Bukit Barisan di Medan, Kamis (11/10/2018)

Kegiatan asistensi ini merupakan kelanjutan dari rangkaian kegiatan asistensi yang telah dilaksanakan sebelumnya di wilayah jajaran Pendam Iskandar Muda di Aceh. Pada kunjungan kali ini tim asistensi yang tiba di Pendam I/BB disambut secara langsung oleh Kepala Penerangan Kodam I/BB Kolonel Inf Roy Hansen J. Sinaga, S.Sos beserta seluruh staf Pendam I/BB.

Kegiatan diawali paparan mengenai kondisi satuan yang disampaikan oleh Kepala Penerangan Kodam I/BB dan dilanjutkan dengan sambutan singkat oleh ketua tim asistensi Dispenad Kolonel Arm Erland. Pada kesempatan ini Kolonel Arm Erland menyampaikan gambaran garis besar tentang sasaran dan materi tentang kegiatan asistensi.

Kegiatan yang dilakukan kali ini sama halnya yang dilakukan di jajaran Pendam Iskandar Muda yaitu tidak hanya terkait dengan sistem pembinaan dan detail tugas serta fungsi penerangan semata, melainkan juga dalam rangka sosialisasi mengenai pengaruh media sosial yang tengah marak di masyarakat, khususnya yang terjadi di lingkungan TNI AD.

Sementara itu, Kepala Penerangan Kodam I/BB, Kolonel Inf Roy Hansen menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim asistensi dari Dispenad. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan materi yang sudah disampaikan oleh tim asistensi dapat dipedomani dan aplikasikan dalam mendukung tugas pokok Angkatan Darat sehingga dapat meningkatkan kualitas kinerja dalam mendukung tugas dan fungsi Penerangan TNI AD.

“Hal-hal yang telah disampaikan oleh tim asistensi Dispenad harus dapat dijadikan acuan serta perubahan dalam kinerja dalam memajukan fungsi Penerangan di Pendam I/BB”, ucap Kapendam

Kegiatan sosialisasi turut dihadiri oleh seluruh personel Pendam I/BB dan sebagian personel yang dikirim dari Penrem 022/PT. Selain menjabarkan tentang tugas dan fungsi kehumasan sebagai bagian dari tugas Penerangan Angkatan Darat, juga disosialisasikan kepada seluruh personel Pendam dan Penrem yang dipaparkan oleh Kasi Opini Subdispenmedonline Dispenad Mayor Inf M. Cahyo Nugroho.

Diungkapkan Mayor Inf. M. Cahyo Nugroho, insan Penerangan Angkatan Darat memiliki peran strategis dalam menyebarluaskan informasi tentang segala hal positif yang dilakukan oleh satuan-satuan Angkatan Darat. Selain itu, perkembangnya media sosial yang sedemikian massif di masyarakat, menuntut insan Penerangan Angkatan Darat sebagai ujung tombak dalam mensosialisasikan penggunaan media sosial yang efektif dan bijak dalam bermedia sosial bagi prajurit Angkatan Darat dan keluarganya.

“ Perkembangan media sosial saat ini sangat masif di masyarakat, hal ini juga memiliki dampak bagi prajurit dan keluarganya. Sebagai insan Penerangan Angkatan Darat, kita semua merupakan ujung tombak dalam mensosialisakan penggunaan media sosial secara efektif dan bijak agar tidak merugikan institusi maupun pribadi prajurit dan keluarganya, “ ujar Cahyo.

Ditambahkannya, penggunaan media sosial yang efektif dan bijak merupakan cermin satuan, institusi maupun secara pribadi sebagai prajurit. Oleh sebab itu, setiap prajurit Angkatan Darat dalam bermedia sosial juga haarus dapat membentengi diri dan menjaga norma-norma di masyarakat serta ketentuan yang berlaku di institusi TNI.