Puluhan Satpam Brebes Dibekali Berbagai Kemampuan Dasar Kamtibmas

TNI AD

Brebes – Puluhan Satpam di Kabupaten Brebes mendapatkan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Dasar Gada Pratama Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas) Polres Brebes. Pelatihan selama 20 hari dibuka oleh oleh Wakapolres Brebes, Kompol M. Faisal Perdana di Aula Islamic Centre Jalan Yos Sudarso Brebes. Senin (10/12/2018).

Sebanyak 63 peserta akan diberikan materi oleh para instruktur dari anggota Polres dari berbagai satuan fungsi. Pembukaan ditandai dengan penyematan pita kepada perwakilan Satpam yang ditunjuk. Dalam sambutannya, Wakapolres menyampaikan bahwa, tujuan diadakannya pelatihan guna menghasilkan Satpam yang memiliki sifat mental kepribadian, pengetahuan, keterampilan dasar sebagai pelaksanaan tugas satuan pengamanan yang membantu tugas kepolisian terbatas, memiliki pengetahuan tentang keamanan dan keselamatan kerja serta mempunyai fisik yang prima.

Sementara itu, Kasat Binmas, AKP Pranata menerangkan bahwa pihaknya menggandeng BUJP PT. Sakti Purwa Mukti (SPM) untuk melatih 63 Satpam yang setengahnya sudah bekerja di berbagai perusahan yang ada di Kabupaten Brebes, sedangkan sisanya merupakan masyarakat umum.

“Saya berharap dengan prioritas pembinaan Satpam, dapat menjadi mitra petugas Harkamtibmas Brebes saat bertugas di lapangan. Diklat sendiri akan dilaksanakan mulai dari tanggal 10-29 Desember 2018. Diharapkan pola 232 Jam Pelajaran (JP) yang telah ditentukan bisa tercapai sehingga mampu menghasilkan Satpam yang berkualitas,” ungkapnya.

Ikut Hadir dalam kegiatan pembukaan antara lain Dandim 0713 Brebes yang diwakili Pasiops Kodim Kapten Armed Jupriadi bersama segenap anggota, personel Lapas Kelas II B dan Satpol PP Brebes. (Kamsi Gautama)