RANGKAIAN KEGIATAN POM LANTAMAL IX MERIAHKAN HUT POMAL KE 73 TAHUN 2019

TNI AL

PK,.AMBON,.Tepat tanggal 20 Februari 2019 kemarin merupakan hari jadi Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) yang ke 73. Dalam rangka memeriahkan HUT Pomal tersebut, Pom Lantamal IX melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan yaitu bhakti sosial dan berbagai lomba yang diadakan di Lantamal IX Ambon.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan lomba gaple yang diikuti oleh personel Lantamal IX di Kantor Pomal Lantamal IX. Selanjutnya Pom Lantamal IX melaksanakan kegiatan bhakti sosial dengan mengunjungi beberapa panti asuhan yang berada di Kota Ambon. Pada anjangsana tersebut Komandan Pomal Lantamal IX selaku pimpinan rombongan menyerahkan bantuan untuk keperluan panti.

Selain itu Pom Lantamal IX juga melaksanakan turnamen bulutangkis dan yang baru dilaksanakan yaitu bhakti sosial donor darah dengan diikuti peserta dari TNI/Polri dan instansi Pol PP serta Dishub Kota Ambon. Kegiatan bhakti sosial kerjasama Pom Lantamal IX, Dinas Kesehatan Lantamal IX dan PMI Cabang Ambon dilaksanakan di Kantor Pomal Lantamal IX. Rabu (6/3/2019).

Dalam aksi itu lebih dari 70 pendaftar yang ingin mendonorkan darahnya. Para peserta terdiri dari personel Lantamal IX, Pomdam XVI/Pattimura, Pom AU Lanud Pattimura, Yonmarhanlan IX, Propam Polda Maluku dan Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Maluku serta Dinas Perhubungan Kota Ambon.

Sebelum mendonorkan darahnya, para calon pendonor diharuskan memenuhi beberapa persyaratan medis sesuai dengan syarat donor darah pada umumnya. Dari peserta yang mendaftar rata-rata banyak yang lolos dan ada juga yang tidak lolos karena tekanan darah dan hemoglobinnya tidak memenuhi syarat.

Dalam aksi donor darah itu Komandan Pomal Lantamal IX Letkol Laut (PM) Candra Hermawan, S.H., M.Tr (Hanla)., dan Komandan Yonmarhanlan IX Mayor Marinir Edwin Sinae, M.Tr. Opsla., terlihat hadir berpartisipasi mendonorkan darahnya.

Pada kesempatan itu, Komandan Pomal Lantamal IX mengatakan bahwa seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan Pom Lantamal IX semata-mata untuk memeriahkan hari jadi Pomal ke 73 tahun 2019. Sedangkan kegiatan bhakti sosial donor darah pada intinya ingin mengajak satuan samping baik TNI maupun Polri dan pemerintah untuk mewujudkan sinergitas TNI Polri dan instansi pemerintah guna menunjang tali silaturrahmi dan kekompakan agar terbina hubungan yang baik guna menjamin keamanan Kota Ambon pada khususnya dan Maluku pada umumnya dalam rangka menyambut pemilihan presiden dan legeslatif  tahun 2019.

Hal ini sesuai dengan tema HUT ke 73 Polisi Militer Angkatan Laut, yaitu “Dengan Semangat Wijna Wira Widhayaka Polisi Militer Angkatan Laut Siap Menjaga Netralitas, Soliditas Dan Sinergitas TNI Polri Guna Mensukseskan Pemilu 2019″, ujar Letkol Laut (PM) Candra Hermawan, S.H., M.Tr. Hanla selaku Danpom Lantamal IX Ambon.