Rumah Sakit Lapangan Yonkes 2 Kostrad, Tangani Pasien Sakit Gigi

TNI AD

Pasca bencana Gempa dan Tsunami yang melanda Palu, khususnya di wilayah Kelurahan Balaroa, penderita sakit gigi meningkat, Rumah Sakit Lapangan yang memang telah menyediakan pelayanan Gigi pun sudah siap menghadapi itu. Kamis (18/10).

Dansatgasgab Letkol Ckm dr. Djeffri F. L, Sp. An, M. Kes mengatakan bahwa “Kami memang sudah menyiapkan pelayanan khusus gigi, kami juga memiliki dokter gigi Letda Ckm drg. Henry Adhy Santoso yang siap untuk melayani pengungsi yang mengalami sakit gigi”.

Posko kesehatan yang berada di Kelurahan Balaroa tidak semuanya memiliki fasilitas pelayanan gigi, hanya Rumah Sakit Lapangan Yonkes 2 Kostrad yang mempunyai fasilitas tersebut dan memiliki Dokter Gigi, sehingga banyak pasien rujukan dari posko kesehatan kecil yang berada di Kelurahan Balaroa.

Letda Ckm drg. Henry Adhy Santoso selaku Dokter Gigi Rumah Sakit Lapangan Yonkes menjelaskan bahwa, “Banyaknya pengungsi yang menderita sakit gigi karena faktor situasi, mungkin banyak dari mereka yang tidak sempat menggosok gigi, selain karena keterbatasan air, bisa juga karena mereka tidak memiliki pasta gigi dan sikat gigi sehingga sisa-sisa makanan menumpuk di sela gigi dan terjadilah pembusukan kemudian menyebabkan sakit gigi”.

Ibu Misa salah satu pengungsi yang berobat ke klinik Gigi Rumah Sakit Lapangan mengatakan bahwa dirinya lega karena sudah 2 malam tidak bisa tidur karena sakit gigi. “Saya sudah 2 hari tidak bisa tidur karena gigi saya sakit, kemudian saya berobat ke posko kesehatan diatas katanya disuruh kesini, karena disini ada dokter gigi nya, agak sakit waktu gigi saya dicabut tadi, tapi sekarang sakitnya sudah hilang”. Pungkasnya.