Satgas Lantamal X Berlanjut Menyalurkan, Memberikan Bantuan Dan Evakuasi Kepada Para Korban Banjir Bandang Di Setani

TNI AL

PK,.JAYAPURA,.Dengan cukup luasnya wilayah yang diterjang banjir bandang di wilayah Sentani ditambah kondisi yang sampai saat ini kebanyakan lokasi masih terendam banjir, tidak menyurutkan semangat personel  dan prajurit Latamal X untuk menyalurkan, memberikan bantuan dan evakuasi kepada para korban bencana alam banjir dan tanah longsor di Jayaputa Papua.  Jumat (22/03/2019)

Beberapa lokasi  dan wilayah yang mengalami kerusakan, korban harta dan korban jiwa akibat dampak terjadinya musibah banjir  serta kondisi yang belum kembali normal merupakan sebuah tantangan bagi relawan dan Tim Sar. Salah satu bagian dari 700 personil TNI yang diterjunkan hingga saat ini  yang bergabung dengan Tim SAR gabungan yaitu prajurit Lantamal baik dari Satrol dan Yonmarhanlan X Jayapura.

Kondisi cuaca dan curah hujan dengan  instensitas hujan cukup tinggi  yang mengguyur wilayah Kab. Jayapura dan sekitarnya sejak  pada hari Sabtu tanggal 16 Maret 2019  sampai dengan hari ini  Jumat 22 Maret 2019 berdampak beberapa wilayah musibah  masih terendam banjir.  Sebagai sarana yang digunakan oleh prajurit Lantamal X dalam rangka menyalurkan bantuan dan evakuasi dengan menggunakan perahu karet sangat mendukung kegiatan tersebut.

Secara keseluruhan sampai dengan hari ini jumlah personel dan relawan gabungan yang terlibat dalam penanganan musibah bencana banjir bandang Kabupaten Jayapura sebanyak 2.787 orang relawan.  Jumlah tersebut termasuk prajuri TNI gabungan yang di dalamnya TNI 700 personel, Polri 700 personil, OPD jumlah 575 orang dan Basarnas 40 orang.

Berbagai macam jenis bantuan dan sumbangan yang telah disalurkan oleh prajurit Lantamal X bekerjasama Tim SAR gabungan lainnya kepada para korban musibah banjir. Jenis dan macam sumbangan yang disalurkan berupa  bahan makanan ,  air minum/mineral, pakaian layak pakai  perlengkapan dan makanan bayi , perlengkapan tidur, perlengkapan mandi dan kebutuhan wanita, obat-obatan berbagai jenis, peralatan memasak,  Tandon air dan keperluan lainnya.

Jumlah personil Lantamal X Jayapura yang memberikan dukunga terbagi dalam beberapa tempat diantaranya personil Yonmarhanlan X diwilayah Pos cyclop 4 di lokasi Tanjung kuning 20 prajurit,   Pos Cyclop 5 di lokasi GOR  Toware 21 prajurit,  Pos Cylop 6 di daerah Gunung Merah 8 prajurit, dan personil Satrol Lantamal X di Pos Lantamal X daerah Amphera 7 prajurit serta 17 personil di pantai Khalkote Sentani Timur.