Satgas TNI Bersama Masyarakat Bersihkan Pohon Besar Tumbang yang Menutupi Jalan Poros Menuju Perbatasan RI-PNG

TNI AD

PK,.PAPUA,.—- Wilayah Perbatasan Rl-PNG Distrik Muara Tami Kota Jayapura Provinsi Papua semalaman diguyur hujan yang cukup lebat dan hal ini mengakibatkan adanya pohon besar tumbang dan menutupi jalan poros yang menghubungkan Kota Jayapura dengan Perbatasan RI-PNG Skouw tepatnya di wilayah Kampung Skouw Sae. Sabtu (09/05/2020)

Dansatgas Yonif 713/ST Letkol Inf Dony Gredinand,S.H.,M.Tr.Han.,M.l.Pol mengungkapkan bahwa tumbangnya pohon besar ini tidak hanya menutupi jalan raya sehingga tidak bisa dilalui namun juga menimpa kabel Listrik PLN yang terbentang sepanjang jalan poros menuju Perbatasan RI-PNG dan menyebabkan listrik padam selama kurang lebih 24 jam.

Personil kami turunkan sebanyak dua regu, satu regu dari Pos Muara Tami dibawah pimpinan Letda Inf Sudirman Mandiangan Danpos Muara Tami Satgas Yonif 713/ST dan Satu regu dari Pos Ramil Tami dibawah pimpinan Serda Danu Ba Intel Pos Koki Pos Ramil Tami Satgas Yonif 713/ST.

Dalam kegiatan ini personil Satgas bersama-sama dengan masyarakat bahu membahu menyingkirkan pohon tumbang ini dengan peralatan senso besar dengan cara memotong pohon tumbang ini menjadi beberapa bagian besar untuk selanjutnya pinggirkan ke pinggir jalan.

Hadir dalam kegiatan ini Letda Inf Sudirman (Danpos Muara Tami Satgas Yonif 713/ST) beserta satu regu personil Pos Muara Tami, Serda Danu (Ba Intel Pos Koki Pos Ramil Tami Satgas Yonif 713/ST) beserta satu regu Personil Pos Ramil Tami, Serka Herman Fatah (Babinsa Koramil 1702/22 ), Aipda Nurdin M (Babinkamtibmas Mosso), bapak Yanto (Petugas PLTU) dan Masyarakat Kp. Skouw Sae sekitar 30 orang.

Mandiangan mengatakan bahwa tumbangnya pohon tersebut kemungkinan disebabkan oleh hujan deras tadi malam dan disertai angin kencang yang terjadi sekitar pukul 02.00 Wit.

Baca Juga :  Prajurit dan Persit Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad Anjangsana Ke Panti Asuhan

Selanjutnya personil Satgas Yonif 713/ST Pos Muara Tami dan Pos Ramil Tami mengerahkan masyarakat sekitar untuk bersama-sama melaksanakan penyingkiran pohon tumbang tersebut dengan menggunakan senso kayu besar dengan cara pohon besar tersebut dipotong-potong menjadi beberapa bagian besar lalu diangkat ke pinggir jalan supaya bisa dilintasi atau dilalui kendaraan atau pengguna jalan raya.

Dan saat ini jalanan sudah bisa dilalui dan lalu lintas sudah berjalan normal kembali.

Masyarakat Skow Sae yang diwakili oleh bapak Abraham umur 40 tahun dan pengguna jalan mengucapkan terima kasih kepada bapak-bapak dari Satgas, dari Koramil Muara Tami dan dari Polsek Muara Tami yang sudah menginisiatif dan mengajak masyarakat untuk menyingkirkan pohon besar yang tumbang ini sehingga jalan sudah dapat dilalui.

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of