Satprov Kosekhanudnas IV Laksanakan Pengecekan Senjata Dan Amunisi Pos Jaga

TNI AU

PK BIAK-KOSEKIV. Berbagai tindakan penegakan disipilin dilakukan Polisi militer Satprov Denma Kosekhanudnas IV dalam menegakkan ketertiban dan keamanan personel serta markas kosekhanudnas IV di sepanjang tahun 2018 ini. Seperti yang dilakukan jajaran Polisi Militer Satprov Denma Kosekhanudnas IV pagi hari tadi, mereka melaksanaakan pengecekan senjata dan amunisi serta perlengkapannya secara sidak, Kamis (13-9-2018) pagi.

Sebenarnya, pengecekan senjata sudah menjadi agenda rutin kami. Namun kami selaku Polisi Militer merasa perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap kerawanan yang bisa muncul sewaktu-waktu khususnya kita saat ini berdinas di daerah Operasi. “Pengecekan ini untuk pengamanan intern personel serta Markas Kosekhanudnas IV Biak untuk Mengantisipasi potensi keamanan yang mengancam nyawa petugas piket di Pos Jaga Mako,” jelas Dansatprov Kosekhanudnas IV Biak, Kapten Pom Asman di Pos Jaga Amarta Kosekhanudnass IV Biak, Jalan Majapahit No.1 Mandow, Biak Numfor Papua, Kamis (13-9-2018) pagi.

Asman melanjutkan, pihaknya tidak ingin sesuatu yang tidak diharapkan terjadi. Kebersihan senjata penting juga diperhatikan agar tidak macet, terlebih jika diperlukan dalam kondisi darurat. Senjata api (senpi) biasa dipakai untuk upaya preventif sampai represif. “Kami juga perhatikan administrasi izin peminjaman senpi bagi para anggota baik itu untuk keperluan penugasan maupun hanya untuk sekedar latihan menembak baik laras panjang maupun laras pendek,” tambah Perwira Lulusan Setukpa Tahun 2009 asal Medan tersebut.

Dalam Laporannya, Asman menyampaikan bahwa pemeriksaan Senjata dan Ammonisi inventaris Pos Jaga amarta terlaksana dengan baik.

Pengecekan senjata dan ammonisi Pos Jaga telah terlaksana dengan baik dengan keterangan sebagai berikut;

1. Senjata Laras Panjang, Jumlah 2 pucuk, Jenis SS2 V2, Magazen 2 buah, Ammo Peluru tajam 120 butir lengkap, peluru karet 80 butir, Peluru hampa 80 butir lengkap.
2. Senjata Laras Pendek Pistol, Jumlah : 1 pucuk, Jenis glock, Magazen : 2ea beserta Ammo sebanyak 20 butir lengkap. Mhn ijin Kami laporkan bahwa senjata Pos Jaga dalam Kondisi baik, bersih dan siap operasional.” Kami tambahkan bahwa Petugas yang melaksanakan pemeriksaan antara lain:
1. Kapten pom Asman (dansatprov Kosekhanudnas IV).
2. Serda Petrus (Ba Intelud Sintel Kosekhanudnas IV).
3. Serda Ali Sadikin (Ba Idik Satprov Kosekhanudnas IV).

Baca Juga :  Satradar 215 Congot Terima Siswa Praktek Sejursarta A-32.

Pemeriksaan tersebut disaksikan oleh Perwira jaga Pos Amarta Letnan Satu Adm Aras (Pekas Kosekhanudnas IV), Bintara jaga Pos Amarta Serka Didi (Bintara Elektronika Sops Kosekhanudnas IV), tambah Perwira Polisi Militer yang selalu aktif dalam setiap kegiatan ini.

Kapten Pom Asman terlihat begitu seksama memperhatikan senpi-senpi itu secara detail. “Kami siap untuk mengamankan personel dan Mako Kosekhanudnas IV Biak dari segala kemungkinan yang tidak kita inginkan,” tegas Asman.

Kosekhanudnas IV Biak mengemban tugas yang cukup berat, selain mengawasi dan mengamankan wilayah udara seluruh papua yang akhir-akhir ini banyak pelanggaran dari pesawat-pesawat kecil, jenis PK dan pesawat-pesawat misionaris yang masa ijinnya sudah kadaluarsa, juga kosekhanudnas IV sendiri terletak di daerah operasi, yaitu di Kabupaten Biak Numfor yang sarat dengan kewaspadaan tinggi tiap personel diperlukan setiap saat. (Red/JDM).