Sosialisasi Desa Mandiri Menuju Langit Biru Wujudkan Zero Asap Di Kalbar

TNI AD

PK,.Sambas, Selasa (18/2/20) – Program Desa Mandiri Menuju Langit Biru Di Bumi Khatulistiwa yang digagas oleh Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad terus disosialisasikan ke seluruh jajaran. Kali ini sosialisasi dilaksanakan di Kodim 1208/Sambas. Melalui program Desa Mandiri Menuju Langit Biru Di Bumi Khatulistiwa Kodam XII/Tpr mendorong terjadinya percepatan peningkatan status kemajuan dan kemandirian desa serta menargetkan Zero Hotspot di wilayah Kalbar.

Sosialisasi disampaikan oleh Pasahli Pangdam XII/Tpr Bidang OMSP, Kolonel Inf Solihin. Serta dihadiri oleh Dandim 1208/Sbs, Wakil Bupati Sambas, Ketua DPRD Sambas, Danyonif 645/Gty, Kabagops Polres Sambas, TNI-Polri, akademisi, pengusaha, tokoh masyarakat dan media.

Pasahli Pangdam XII/Tpr, Kolonel Inf Solihin dalam sosialisasi menyampaikan, program Desa Mandiri Menuju Langit Biru Di Bumi Khatulistiwa, merupakan program TNI di wilayah Kalbar untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang hampir setiap tahun terjadi di wilayah Kalbar.

“Dalam penanganan Karhutla kita menggunakan istilah SEROK (Serbu dan Keroyok), dengan melibatkan segala lini di daerah. Mulai dari TNI, Polri, Pemerintah Daerah, Pengusaha, Ormas dan lapisan masyarakat serta
peran serta dari Media,” ujar Kolonel Inf Solihin.

Dandim 1208/Sambas, Letkol Inf Setyo Budiyono S.H., M.Tr ( Han ) menyampaikan program ini akan mengedepankan pendekatan yang bertumpu kepada kekuatan sosial, ekonomi dan ekologi, tanpa melupakan kekuatan budaya, sejarah, dan kearifan lokal.

“Sehingga apabila tujuan ini dipergunakan dengan baik sebagai acuan dalam melakukan integrasi dan sinergi pembangunan, maka kondisi masyarakat desa yang sejahtera, adil, dan mandiri seperti yang dicita-citakan tidak mustahil untuk diwujudkan di wilayah Kodim 1208/Sbs,” ujarnya.

Sedangkan Bupati Sambas, H. Atbah Romin Suhaili dalam sambutan yang dibacakan oleh Wakil Bupati Sambas, Hj. Hairiah, S.H., M.H., menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kegiatan sosialisasi, yang sangat bermanfaat dan berkontribusi besar sebagai salah satu upaya pencegahan dan pengendalian bahaya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Sambas menuju terwujudnya wilayah Kalbar Zero Asap. (Pendam XII/Tpr)

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of