Terjadi Kecelakaan Penyelaman, Tim Kesehatan Lantamal V Sigap Lakukan Penyelamatan

TNI AL

Lantamal V (8/11).Tim Kesehatan Pangkalan Utama TNI AL V bertindak sigap dan cepat menangani kecelakaan dalam latihan penyelaman yang dialami seorang prajurit Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) di Kolam Renang Jala Tirta, Lantamal V,  DBAL, Ujung, Surabaya, Kamis (8/11).

Menurut Kadiskes Lantamal V,  Kolonel Laut (K) Imam Hidayat,  Sp. S mengatakan bahwa peristiwa tersebut merupakan salah satu  simulasi praktek Latihan Kesehatan (Latkes) Tingkat 3 yang digelar Dinas Kesehatan Lantamal V. Praktek ini akan terus berlanjut dengan materi praktek lainnya.

Latkes Tingkat 3 ini lanjutnya, dibuka 5 November lalu dan diikuti 40 peserta dari personel kesehatan Koarmada ll dan Lantamal V. Pada Sesi praktek penanganan korban kecelakaan penyelaman ditujukan untuk meningkatkan profesionalitas

dalam penanganan korban penyelaman dan prosedur evakuasi ini di laksanakan di kolam renang.

Menurut Imam,  praktek ini di simulasikan perbaikan KRI Warakas oleh anggota fasharkan. Kegiatan dilaksanakan pengelasan bagian bawah KAL Warakas. Karena terlalu lama di kedalaman air 15 M, tiba-tiba korban muncul bebas kepermukaan karena O2 habis, korban panik sampai di permukaan korban tidak sadarkan diri.

“Dengan skenario latihan ini,  diharapkan peserta Latkes 3  dapat mempraktekannya teori yang didapat,  dan mampu berimprovisasi dengan situasi dan kondisi dilapangan dalam penanganan korban,” harapnya.