THE STORY OF WIRADATU (Setukpa A-21)

TNI AU

Setelah melewati perjuangan panjang selama 8 bulan, siswa setukpa A-21 akhirnya berhasil  menggapai mimpi mereka untuk menjadi Perwira TNI AU. Segala rasa lelah dan capek terbayarkan,setelah secara resmi mereka dilantik dan disumpah,oleh Kepala Staf TNI AU, Marsekal TNI Yuyu Sutisna S.E,M.M., pada tanggal 21 Desember 2018 di lapangan Dirgantara, Lanud Adi Soemarmo.

Angkatan Setukpa 21 mengawali pendidikan mereka pada bulan April 2018 dengan jumlah siswa sebanyak 230 siswa, termasuk didalamnya 20 siswa Wara. Siswa Setukpa A-21 terdiri dari berbagai macam korps seperti Teknik, Elektronika, Administrasi, Pembekalan, Pom AU , Paskhas,Kesehatan dan Khusus. Mereka adalah Bintara TNI-AU pilihan yang mempunyai keahlian dibidangnyamasing-masing dan telah mempunyai pengalaman dinas selama puluhan tahun mengabdi kepada TNIAU.

Setukpa A-21 mempunyai julukan “Wiradatu” yang mempunyai makna sebagai perwiraprofesional atau Perwira yang mempunyai keahlian dibidangnya masing-masing. Secara kebetulan,wiradatu juga dapat diartikan dengan Setukpa Angkatan ke dua puluh satu. Tradisi pemberian Call sign ini adalah untuk menumbuhkan kekompakan dan jiwa korsa antar sesama siswa Setukpa TNI AU dalamsatu angkatan, selain juga merupakan ekspresi dari keinginan untuk menampilkan ciri khas merekasebagai satu angkatan yaitu sebagai Perwira Profesional.

Pendidikan Setukpa TNI AU dibagi menjadi menjadi dua tahap, yaitu tahap pertama adalah pembentukan sikap keperwiraan dan penyegaran keprajuritan, kemudian tahap kedua adalahpembekalan keperwiraan. Pendidikan dilaksanakan dalam bentuk pemberian teori di kelas danpelaksanaan praktek kelas dan lapangan. Selain itu, selama pendidikan mereka diberikan berbagaimacam tradisi kejuangan dalam berbagai bentuk dengan tujuan untuk menambah motivasi, kejuanganserta melatih fisik dan mental siswa sebagai seorang calon Perwira TNI AU.

Siswa Setukpa A-21 berhasil menyelesaikan pendidikan mereka dengan prestasi yang luar biasa membanggakan. Pada bidang kepribadian dan akademis mendapatkan hasil rata-rata meningkatdengan hasil sangat baik, tetapi yang paling luar biasa adalah peningkatan nilai kesamaptaan yang sangat significant dibandingkan dengan nilai saat casis atau jika dibandingkan dengan nilai kesampataan setukpa angkatan sebelumnya. Bahkan 8 orang diantara mereka, berhasil mencapai nilai kesamaptaan yang sempurna atau nilai 100, dimana pencapaian ini adalah yang pertama atau record baru selama puluhan tahun pelaksanaan berbagai macam pendidikan di Lanud Adi Soemarmo.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap pencapain prestasi Setukpa A-21, Komandan Lanud AdiSoemarmo, Kolonel Pnb Indan Gilang B. S.Sos. mengabadikan call sign mereka “WIRADATU” sebagai nama flat atau mess yang baru saja selesai konstruksi pembangunannya pada bulan Desember 2018 dengan kapasitas total sebanyak 192 kamar. Kemudian pada hari yang sama dengan pelaksanaan Prasetya Perwira Setukpa A-21, “ Flat Wiradatu” diresmikan penggunaannya secara langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal Yuyu Sutisna S.E,M.M. disaksikan oleh pejabat-pejabat teras Mabes AU, pejabat Kodiklatau dan Lanud Adi Soemarmo serta perwira-perwira baru yang saja dilantikatau mantan Siswa Setukpa A-21.

Kepala Staf Angkatan Udara sangat mengapresiasi pencapaian prestasi Setukpa A- 21 dan secara khusus mengamanatkan agar Perwira lulusan Setukpa menjadi Perwira yang profesional sebagaimana call sign mereka yaitu “ Wiradatu” perwira yang ahli dibidangnya masing-masing. Kasau juga menekankan komitmen TNI AU bahwa seluruh fasilitas pendidikan Skadik 401 akan dilengkapi dandibangun secara bertahap sehingga memenuhi standar fasilitas pendidikan yang dibutuhkan sebagai Candradimuka penggemblengan calon-calon perwira TNI AU.

Setelah mendapatkan surat perintah, para perwira baru mantan Setukpa A-21 menuju daerah penugasan masing-masing yang tersebar di seantero wilayah Republik Indonesia, dari Sabang  sampai Merauke. Selamat jalan dan selamat bertugas para Perwira Baru TNI AU “ WIRADATU” , ibu pertiwi menanti Dharma Baktimu, ingatlah selalu pesan Bapak TNI AU” Jadilah Perwira Sejati, Pembela Tanah Air.”