Toga Batang Komitmen Berantas HIV/AIDS

TNI AD

BATANG – Salah satu yang hadir dalam sosialisasi HIV/AIDS Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Batang, dalam rangkaian Non Fisik TMMD Reguler 103 Kodim 0736 Batang adalah Anwarudin (68) Imam Masjid Jami Nurul Huda Desa Durenombo Kecamatan Subah. Kamis (1/11/18).

Sasaran utama penyuluhan yang disampaikan Mundofir S.l.P, Sekretaris KPA Batang adalah para tokoh agama yang dekat dengan masyarakat, sehingga dapat menjadi tenaga penyuluh terdepan guna menyampaikan informasi HIV/AIDS di lingkungannya. Kontribusi dalam pencegahan dan penanggulangan merupakan masalah bersama dan harus dicarikan solusi bersama juga, baik itu Pemda, stakeholder maupun masyarakat secara umum.

Diketahui, kasus HIV/AIDS di Kabupaten Batang sampai Juli 2018 tercatat 999 kasus, mayoritas usia produktif dan dari data 161 orang sudah meninggal. Inilah yang mendorong Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Batang menyelaraskan langkah dengan Kodim menggalakkan tindakan preventif dengan menggandeng para tokoh agama.
Melalui pendekatan rohani, diharapkan penduduk tidak terjerumus dalam seks bebas maupun Narkoba sebagai pemicu penyakit.

Menyimpang, ditanya Serda Citro, Anwarudin berkata, “Kulo matur suwun sanget kalian Pak Tentara ingkang sampun mbantu ndamelaken dalan ingkang sae lan dowo. Nopo malih enten ingkang digaweaken omah, kulo nyuwun ngapuro kalih Pak ABRI, menawi enten warga Durenombo ingkang kurang sopan. Pun pokokeke kulo matur suwun engkang kathah, mboten saget diukur mbeto bondo kalian Pak Tentara.” (Saya terima kasih banyak kepada Pak Tentara yang sudah membantu membuat jalan yang bagus dan panjang. Apalagi ada yang dibikinkan rumah, saya mohon maaf sama Pak ABRI jika ada warga Durenombo yang kurang sopan. Sudah pokoknya saya terima kasih yang banyak, tak dapat diukur melalui harta kepada Pak Tentara – red).

Baca Juga :  Bolos Sekolah, Puluhan Siswa Diamankan Babinsa di Wonomulyo

Inilah representasi Tokoh Agama setempat, bangga dengan TNI, yang telah membawa nuansa Islami dan humanis selaras dengan pembangunan yang sedang dilakukannya.(Kamsi Gautama)