Upacara Hari Pahlawan Di Pusterad Berlangsung Khidmat

TNI AD

PK,.Jakarta (10/11) Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) kembali menggelar upacara bendera memperingati hari pahlawan ke-74 tepat pada Minggu, 10 Nopember 2019 pukul 08.00 WIB di lapangan Upacara Ma Pusterad Jln. Raya Setu No. 27 Cipayung, Jakarta Timur.

Wakil Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat, bertindak selaku Inspektur Upacara dihadiri seluruh pejabat di lingkungan Pusterad diantaranya Sekretaris Pusterad, Kolonel Inf Veri Sudijanto, S.I.P.,M.Si., Ir Pusterad Kolonel Czi Lalu Rudi Irham Srigede, S.T.,M.Si, para Staf Ahli, Dansatintelter Kolonel Inf I Made Riawan, S. Psi, beserta ratusan anggota prajurit dan PNS jajaran Pusterad mengikuti rangkaian upacara secara tertib dan hikmat.

Sementara itu Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat, Mayor Jenderal TNI Arif Rahman, M.A mengikuti Ziarah Nasional dalam rangka Hari Pahlawan tahun 2019 dengan Inspektur Upacara Presiden RI Joko Widodo, bertempat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Juliari P. Batubara dalam amanatnya yang dibacakan oleh Danpusterad menyampaikan bangsa Indonesia diingatkan kembali kepada peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut Kemerdekaan Indonesia. Dimana pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia.

Mensos menegaskan bahwa kemerdekaan yang kita rasakan tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri. Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuhkan di dalam hati sanubari segenap insan Warga Negara Indonesia.

“Dengan peringatan Hari Pahlawan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno yang menyatakan hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar,” kata Mensos.

Ditambahkannya pula, peringatan Hari Pahlawan juga untuk membangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi Pahlawan Masa Kini, sebagaimana tema Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 “Aku Pahlawan Masa Kini”.

Selain itu menurut Mensos, menjadi Pahlawan Masa Kini bisa dilakukan oleh siapapun Warga Negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI. Ia mencotohkan antara lain dengan menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya.

“Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa, sekarang untuk menjadi pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, kita juga bisa, dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa di mata Internasional,” kata Mensos.

Dalam Upacara tersebut ditandai dengan Mengheningkan Cipta selama 60 detik, tampil sebagai Komandan Upacara Letkol Arh Yudia, S. Si., M.Si yang sehari-hari menjabat sebagai Kabag. Siskaminfo Satintelter Pusterad berlangsung sangat khidmat, berakhir pada pukul 08.45 WIB.

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of