Wadan Kodiklatal Beri Pembekalan kepada 21 Pasis Dikmapa PK TNI AL

TNI AL

Wadan Kodiklatal Laksamana Pertama TNI Sugeng Ing Kaweruh, SE., MM menekankan kepada seluruh Pasis Dikmapa TNI AL 2018 agar terus meningkatkan kualitas diri serta menumbuhkembangkan sikap militansi TNI.

Hal tersebut disampaikan Wadan Kodiklatal dalam acara Pembekalan kepada Pasis Dikmapa PK TNI AL khusus tenaga kesehatan tahun 2018 di Gedung serba guna Sefungkhas, Pusdiklapa, Kodiklatal (3/12).

Hadir pada kesempatan itu, Dirdok Kodiklatal Laksma TNI Budi Purwanto, Dirjian Kodiklatal Laksma TNI Budi Kalimantoro, Dirum Kodiklatal Bernhard Setya Budiheruyono, Dankodikopsla Laksma Maman Firmansyah.

Di hadapan 21 Pasis Dikmapa, Wadan Kodiklatal menjelaskan bahwa Kodiklatal bertugas menyelenggarakan pembinaan doktrin dan organisasi satuan jajaran TNI AL dan melaksanakan pembinaan pendidikan dan latihan TNI AL dalam rangka mendukung tugas TNI AL.

Figur pemimpin yang diharapkan, menurut Wadan, memiliki tiga aspek utama, yaitu : bermoral, professional dan berani. Bermoral artinya seorang pemimpin memiliki kualitas personal yang sensitive humanistic yang peduli pada manusia dan masyarakat.

Profesional berarti memiliki penguasaan keilmuan, jiwa korsa, etika dan tanggung jawab. Sedangkan berarni berarti memiliki karakter berani menghadapi dan menciptakan perubahan dan berani mengambil keputusan serta berani menghadapi resiko meskipun hal itu mengancam jiwa dan raganya.

Untuk mencetak seorang pemimpin sesuai dengan figure pemimpin sejati, Kodiklatal senantiasa membekali para siswa dalam berbagai bidang, seperti mental kepribadian akademik, keterampilan profesi keprajuritan, bidang kesehatan serta bidang kesamaptaan jasmani.