Wadan Kodiklatal Terima Lattek Layar Gabungan Wira Jala Yudha VIII/2018.

TNI AL

Kodiklatal, (8/11).Wakil Komandan Komando Pembinaan Dokhtrin Pendidikan dan latihan TNI Angkatan laut (Wadan Kodiklatal) Laksma TNI Sugeng Ing Kaweruh, S.E., M.M mewakili Komandan Kodiklatal secara resmi menerima kedatangan Latihan Praktek (Lattek) Layar Gabungan Wira Jala Yudha VIII/2018 yang dipusatkan di Lapangan Laut Maluku Kesatrian Bumimoro Kodiklatal.

Selain Komandan Kodiklatal hadir dalam penerimaan tersebut pejabat utama Kodiklatal diantaranya Dirum Laksma TNI Bernard  Setya Budiheruyono, Dirjianbang Laksma TNI Budi Kalimantoro, Dirdok Laksma TNI Budi Purwanto, S.T., M.M, Dankodikopsla Laksma TNI Maman Firmansyah, Inspektur Kodiklatal Kolonel Laut (P) Lukman H, Dankodikdukum Kolonel Laut (T) Sa’ban Nur Subkhan, Dankodikmar Kolonel Marinir, Danpuslatmar Kolonel Marinir Bambang Hadi Suseno, Danpuslatlekdalsen Kolonel laut (P) Mochammad Riza, Danpuslatdiksarmil Kolonel Marinir Agus Dwi Laksana P.

Komandan Kodiklatal Laksda TNI Dedy Yulianto dalam sambutan yang dibacakan Wadan Kodiklatal Laksma TNI Sugeng Ing Kaweruh, S.E., M.M menyampaikan ucapan selamat datang kembali di surabaya. Semoga lattek berlayar selama dua minggu ini menjadi pengalaman berharga bagi para siswa dalam melaksanakan pendidikan, karena tidak semua prajurit  mendapat penugasan di KRI. Sebaliknya, bagi para siswa yang kelak bertugas di KRI, lattek berlayar ini bisa meningkatkan motivasi untuk semakin mencintai profesi sebagai prajurit matra laut karena telah memahami tugas dan tanggung jawab serta PUDD khas TNI AL dalam kehidupan di KRI.

Pada saat kapal sandar di Kupang dan Banyuwangi, para siswa juga melaksanakan kegiatan bakti sosial dan mengadakan panggung gembira untuk memperkenalkan Kodiklatal sebagai lembaga pendidikan TNI AL kepada masyarakat. Semoga apa yang telah siswa kerjakan bermanfaat bagi masyarakat sekitar khususnya dan TNI AL pada umumnya, sehingga anak-anak muda tertarik berkarier menjadi prajurit TNI AL sebagai pengabdian pada bangsa dan negara.

Disisi lain disampaikan bahwa lattek ini merupakan mata ajaran yang penting dalam setiap program pendidikan di Kodiklatal, karena lattek memiliki jampel 60 % dari seluruh pelajaran yang diberikan kepada siswa. Oleh karena itu, lattek berlayar yang merupakan salah satu lattek yang penting, hendaknya memberikan manfaat yang besar bagi peningkatan pengetahuan para siswa selama mengikuti pendidikan masing-masing.

Semoga dengan keberhasilan dalam Lattek ini akan memberikan output hasil didik Kodiklatal yang siap pakai, tidak saja karena instruktur dan pelatih yang berusaha mentransfer ilmu dengan baik, namun peran serta siswa dalam menerima pelajaran sangat menentukan hal tersebut.

Adapun Lattek pelayaran Jala Wira Yudha ini diikuti 808 prajurit siswa yang berasal dari tiga Kodik dibawah Kodiklatal. Ketiga Kodik tersebut adalah Kodikopsla 105 siswa dari Pusdikpel  dan Pusdiksus,  Kodikdukum 265 siswa berasal dari Pusdiktek, Pusdiklek, Pusdikbanmin, Pusdikkes dan Pusdikpomal, sedangkan Kodikmar yang menyertakan 438 siswa berasal dari Pusdikif. Adapun Lattek layar tersebut menggunakan KRI  Surabaya-591 dengan route Surabaya, Asembagus, Kupang, Banyuwangi dan kembali Surabaya.